Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbantu Media Pot Penjumlahan Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Mega Dwi Cahyani
  • Husni Wakhyudin
  • Yenny Rachmawati
  • Nur Isti Faizah

Keywords:

Minat Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan melalui metode Problem Based Learning (PBL) dengan berbantu media pot penjumlahan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakam suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah yang ada dalam pembelajaran di kelasnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik non tes antara lain observasi, wawancara, dokumentasi dan angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis Miles yang terdiri atas empat tahapan yangh harus dilakukan sebanyak 3 siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 pada tanggal 27 Juli – 31 Agustus 2023 di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II C SDN Sendangmulyo 02 Semarang, yang berjumlah sebanyak 26 peserta didik terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. hasil angket minat belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukan persentase minat belajar peserta didik sebesar 77%. Sedangkan pada siklus II menunjukan 83%, dan pada siklus III menunjukan persentase 88%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebanyak 6%, sedangkan dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebanyak 5%. Hal tesebut dapat terjadi sebuah peningkatan karena adanya refleksi yang dilakukan oleh peneliti, guru dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti yang diperbaiki untuk setiap siklusnya. Makadari itu openingkatan pada siklus I, II dan III menjadi sebuah keberhasilan dan menjadi sebuah peningkatan minat belajar peserta didik.

References

Abd. Rachman Abror. (1983). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara : Jakarta.

Aswan Zain dan Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aswan Zain dan Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.

Jannah, F. (2015). Inovasi pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. -, 1(1).

Marzuki, M., & Tursina, D. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Dua Bilangan Tiga Angka Tentang Soal Cerita Di Kelas Iii Sd Negeri 27 Peusangan. Jurnal Pendidikan Dasar (Jupendas), 4(1).

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Proble m based learning dalam pembelajaran matematika: upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2).

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: TERAS.

Penerbit CV. Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2016 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”,Bandung,

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan,Bandung: Rosda

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

The Liang Gie. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta:Liberty

Ulfah Azizah. (2022). Peningkatan Minat Belajar SIswa Melalui Pendekata Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SDN Bawuran. Jurnal pendidikan Indonesia. Universitas Negeri Jogja. 2022

Wulandari, I. A. P. F., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Information And Communication Technologies Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 139– 150. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19383

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Cahyani, M. D. ., Wakhyudin, H. ., Rachmawati, Y. ., & Faizah, N. I. . (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbantu Media Pot Penjumlahan Kelas II Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1776–1787. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5317

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)