190. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Game Quizizz Paper Mode pada Peserta Didik Kelas V SD 5 Margorejo
Keywords:
Project Based Learning, Game Quizizz Paper Mode, Hasil BelajarAbstract
Peran0peserta didik pada proses pembelajaran di kelas terlihat belum optimal dan seakan belajar merupakan aktifitas yang hanya rutin dilakukan menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui Project Based Learning menggunakan Game Quizizz Paper Mode pada peserta didik kelas V di SD 5 Margorejo yang menjadi fokus dalam penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). (PTK) dilakukan selama 3 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, serta teknik penilaian produk berupa Game Quizizz. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran digunakan sebagai data kualitatif sedangkan hasil tes peserta didik dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V di SD 5 Margorejo. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Project Based Learning berbasis Game Quizizz Paper Mode presentase ketuntasan pada hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan siklus I sebesar 50%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan sebesar 75% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 93,75%.