20. Penggunaan Model PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Media Pagam (Papan Gambar) Kelas III SD 5 Margorejo Kudus

Authors

  • Hamidatun Noor Universitas PGRI Semarang
  • Suyati Widiastuti Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PJBL, Hasil Belajar, Papan Gambar

Abstract

Model pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja  secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajaran dalam produk nyata merupakan model  pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang  signifikan hasil belajar pada materi Alat Transportasi Tema 7 antara siswa yang menggunakan  model pembelajaran Project Based Learning dan siswa yang tidak menggunakan model  pembelajaran Project Based Learnig pada siswa kelas III SD 5 Margorejo Kecamatan Dawe Tahun  Pelajaran 2022/2023. Nilai rata- rata siswa naik dari 75 pada siklus pertama menjadi 84 pada  siklus kedua, melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sejalan dengan itu, persentase  siswa yang mencapai ketuntasan belajar juga meningkat dari 60% di siklus pertama menjadi 86% di siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning  dengan bantuan media Papan Gambar mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada  materi alat transportasi tema 7. 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Noor, H., Widiastuti, S., & Wakhyudin, H. (2023). 20. Penggunaan Model PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Media Pagam (Papan Gambar) Kelas III SD 5 Margorejo Kudus . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 163–170. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3933

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)