20. Penggunaan Model PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Media Pagam (Papan Gambar) Kelas III SD 5 Margorejo Kudus
Keywords:
PJBL, Hasil Belajar, Papan GambarAbstract
Model pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajaran dalam produk nyata merupakan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar pada materi Alat Transportasi Tema 7 antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learnig pada siswa kelas III SD 5 Margorejo Kecamatan Dawe Tahun Pelajaran 2022/2023. Nilai rata- rata siswa naik dari 75 pada siklus pertama menjadi 84 pada siklus kedua, melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sejalan dengan itu, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar juga meningkat dari 60% di siklus pertama menjadi 86% di siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media Papan Gambar mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi alat transportasi tema 7.