24. Peningkatan Hasil Belajar Model PBL Berbantuan Media Kantung Belajar Kelas 1 SDN 05 Margorejo
Keywords:
Hasil Belajar, Model PBL, Kantung BilanganAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pada materi bilangan besar dengan model PBL di kelas 1 SDN 05 Margorejo. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini subjeknya adalah guru dan peserta didik kelas 1. Pada proses pembelajaran, terlihat adanya peningkatan. Pada siklus II juga terlihat peningkatan pada aktivitas peserta didik dari pertemuan I siklus 1 yang pencapaiannya rata-rata adalah 78,57% mengalami peningkatan menjadi 92,85 % bisa dikategorikan sangat baik. Pada pertemuan 1 siklus I ini rata-rata hasil belajarnya yaitu 68% meningkat ke 94%, Pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media kantung bilangan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penyajian data di kelas 1 SD.