108. Penggunaan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Peserta Didik Kelas V SDN 5 Margorejo

Authors

  • Nurul Auliani Husna
  • Husni Wakhyudin
  • Sri Utami

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning,, Media Pop-Up Book, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Project Based Learning dengan berbantu media Pop-Up Book. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar atau dalam ranah kognitif , afektif dan psikomotor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas V SDN 5 Margorejo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yang berjumlah 16 Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada peserta didik dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan berbantuan media Pop-Up Book. Peningkatan ketuntasan hasil belajar terjadi secara bertahap di mana pada kondisi pra siklus presentase ketuntasan siswa (31, 2 %) dengan rata-rata nilai 56,5 , pada siklus Ipresentase ketuntasan peserta didik (50%) dengan rata-rata nilai 72. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan presentase (87,5%) dengan rata-rata nilai 88. Dapat disimpulkan bahw dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pop-up book mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 5 Margorejo.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Husna, N. A. ., Wakhyudin, H. ., & Utami, S. . (2023). 108. Penggunaan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Peserta Didik Kelas V SDN 5 Margorejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 987–993. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4410

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)