PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA VIII-B SMP NEGERI 36 SEMARANG
Keywords:
hasil belajar, pembelajaran, media gambarAbstract
Hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 36 Semarang kelas VIII-B terlihat siswa masih kesulitan dalam menulis sebuah teks, khususnya pada materi iklan, slogan, dan poster. Kurangnya keterampilan menulis mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi Iklan, Slogan, Poster melalui penggunaan media gambar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 36 Semarang, dan 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam menulis Iklan, Slogan, dan Poster menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 36 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar menulis iklan, slogan, dan poster pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 36 Semarang. Peningkatan hasil belajar menulis iklan, slogan, dan poster terlihat dari siklus I sebesar 41%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Pembelajaran dengan menggunakan media gambar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar menulis siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 36 Semarang.