186. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Model Project Based Learning B.Erbantu Media Powerpoint di Kelas V SD Negeri Tambirejo

Authors

  • Tyas Ayu Dwi Fitriana
  • Mei Fita Asri Untari
  • Fitrianingsih

Keywords:

siklus air, project based learning, media power point, gambar siklus air

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi peneliti, sebagai guru kelas V SD Negeri Tambirejo, peneliti menemukan beberapa permasalahan pembelajaran, terutama pada proses pembelajaran ipa materi menganalisis siklus air. Pada materi ini peserta didik cenderung kesulitan dalam memahami alur siklus air dengan baik, hal tersebut terungkap saat peneliti melakukan pre-test tanya jawab terkait konsep ini, hasil penelitian pada tindakan di prasiklus yang memiliki ketuntasan dengan nilai rata-rata 57 mengalami peningkatan pada tindakan siklus I. Pada siklus I ketuntasan  mencapai nilai rata-rata 64. Penelitian berakhir pada siklus II mencapai ketuntasan nilai rata-rata 85. Pembelajaran diarahkan pada konsep pembelajaran luring. Yang mana mengingat latar belakang peserta didik di SD Negeri Tambirejo masih cukup kesulitan dalam proses pembelajaran, maka untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam materi menganalisis siklus air, dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media powerpoint dengan projek membuat gambar siklus air Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 3 siklus, tiap siklus 1 pertemuan dengan materi menganalisis siklus air. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran project based learning berbantu media powerpoint dengan projek membuat gambar siklus air dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi siklus air. Melalui pembelajaran dengan model project based learning, peserta didik dapat lebih terstimulus untuk mengeksplorasi pada gambar yang di dalamnya termuat materi pembelajaran. Melalui model pembelajaran project based learning berbantu media powerpoint pembelajaran tampak lebih menarik bagi peserta didik serta akan memudahkan pengajar dalam menyampaikan isi materi melalui projek membuat gambar.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fitriana, T. A. D. ., Untari, M. F. A. ., & Fitrianingsih. (2023). 186. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Model Project Based Learning B.Erbantu Media Powerpoint di Kelas V SD Negeri Tambirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1664–1668. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4105

Issue

Section

Prosiding 2023