240. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Berbantuan Media Gambar

Authors

  • Lia Aristiana Sari Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Kunijah SD 5 Klaling

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Media Gambar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 Sekolah Dasar melalui model PBL berbantuan media gambar. Penelitian dilaksanakan di SD 5 Klaling dengan latar belakang hasil belajar siswa yang belum memenuhi ketuntasan minimum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian yakni kelas 1 dengan jumlah 34 siswa SD 5 Klaling di tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan penilaian tes tertulis. Dibuktikan dengan presentase belajar pada pra Siklus sebesar 44%. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam meningkatkan minat siswa dalam kegiatan belajar. solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media gambar yang dapat diterapkan pada siswa. Presentase hasil belajar siswa setelah penggunaan model PBL di siklus I sebesar  65% kemudian siklus ke II menjadi 100%. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebanyak 35% selama dua siklus dengan berbantuan media gambar pada setiap siklusnya. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sari, L. A., Suyoto, & Kunijah, D. (2023). 240. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Berbantuan Media Gambar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2136–2145. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4294

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)