87. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk

Authors

  • Umi Malikhatun Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang
  • Hariyanto SDN 3 NGETUK

Keywords:

Problem Based Learning, IPAS, flashcard

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatarbelakangi hasil belajar IPAS siswa kelas IV masih belum mencapai ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini menerapkan model problem based learning dengan  media flash card  dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Membangun Masyarakat yang Beradab  di kelas IV SDN 3 Ngetuk. Metode dan jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan II siklus. Teknik pengumpulan data dengan hasil observasi dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Ngetuk  berjumlah 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siklus I menunjukkan hasil belajar siswa dengan presentase 64%, dari presentase tersebut terdapat  9 siswa yang tuntas dan 5 siswa tidak tuntas. Pada suklus II, hasil belajar peserta didik meningkat dengan ditunjukkan dari hasil evaluasi, 12 siswa telah tuntas dengan presentase 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi IPAS di Kelas IV SDN 3 Ngetuk.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Malikhatun, U., Artharina, F. P., & Hariyanto. (2023). 87. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 781–788. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4026

Issue

Section

Prosiding 2023