Penerapan Model Pbl Media Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengenal Perasaan Siswa Kelas 2 Sdn Pandeanlamper 03 Semarang

Authors

  • Galuh Ajeng Mulatsih
  • Aryoandrinugroho
  • Estiyani

Keywords:

Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Metode PBL, Media bergambar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dari Ajeng Galuh Mulatsih. Rencana tindakan yang akan dilakukan yaitu PTK melalui 2 siklus. Dalam setiap siklus memiliki 3 tahap yakni perencanaan tindakan, implementasi tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas II SD Negeri Pandeanlamper 03 sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi kelompok dan teknik tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi dan butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik sederhana dengan teknik statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan persentase hasil belajar tiap

siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia  pada materi Mengenal Perasaan dapat ditingkatkan melalui pemahaman siswa saat berdiskusi kelompok pada LKPD. Peningkatan hasil belajar nampak pada kondisi pra siklus hanya 17 siswa yang tuntas atau memenuhi KKM ≥ 75, setelah ada tindakan dengan metode PBL  dengan media gambar pada materi mengenal perasaan  nampak ada peningkatan hasil belajar siswa yakni pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar mencapai 80% dengan skor tertinggi 85, dan skor terendah  60 dengan skor rata-rata 80,5. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan mencapai 84% dengan skor tertinggi 100 dan skor terendah 60 dengan rata-rata 84,6. Maka penelitian dengan penggunaan metode PBL  melalui media gambar seperti melihatkan gambar animasi maupun video bergambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Pandeanlamper 03  berhasil.

Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu menerapkan Metode PBL dengan media bergambar pembelajaran Bahasa Indonesia materi ”Mengenal perasaaan” di  Kelas II di SD Negeri Pandeanlamper 03  Semarang.

References

Gagne,RM dan Briggs,L.J &Wager,ww 1992 Principles of Intructional Design. Orlando: Holt Rinehart and Winston.

Gagne dan Berliner (Dalam Tri Anni, 2006:2) Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Benjamin Bloom (Dalam Tri Anni,2006:7) Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP

Suharsimi, Arikunto.2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Hadi, Sutrisno.1982. Metodologi Reaserch,Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak.Psikologi UGM.

Ngalim,Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mulatsih, G. A. ., Aryoandrinugroho, & Estiyani. (2023). Penerapan Model Pbl Media Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengenal Perasaan Siswa Kelas 2 Sdn Pandeanlamper 03 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1999–2010. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5342

Issue

Section

Prosiding 2023