136. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Media Video Animasi Youtube pada Peserta Didik Kelas X DPID 3 SMK Negeri 4 Semarang

Authors

  • Dyah Hanum Sapraningtyas
  • Nazla Maharani Umaya
  • Eka Ida Aprijanti

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Negosiasi, Media Pembelajaran, Video Animasi, YouTube

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi melalui penerapan media berbasis video animasi YouTube. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 4 Semarang kelas X DPIB 3 yang terdiri atas 35 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran menulis teks negosiasi sebelum dilakukan tindakan adalah 79, pada siklus 1 sebesar 80, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa terjadi peningkatan dalam keterampilan menulis teks negosiasi setelah diterapkannya media pembelajaran berbasis video animasi YouTube.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sapraningtyas, D. H., Umaya, N. M. ., & Aprijanti, E. I. . (2023). 136. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Media Video Animasi Youtube pada Peserta Didik Kelas X DPID 3 SMK Negeri 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1249–1259. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4076

Issue

Section

Prosiding 2023