136. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Media Video Animasi Youtube pada Peserta Didik Kelas X DPID 3 SMK Negeri 4 Semarang
Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks Negosiasi, Media Pembelajaran, Video Animasi, YouTubeAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi melalui penerapan media berbasis video animasi YouTube. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 4 Semarang kelas X DPIB 3 yang terdiri atas 35 peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran menulis teks negosiasi sebelum dilakukan tindakan adalah 79, pada siklus 1 sebesar 80, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 87. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa terjadi peningkatan dalam keterampilan menulis teks negosiasi setelah diterapkannya media pembelajaran berbasis video animasi YouTube.