PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO VLOG TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN BERITA INOVASI KELAS XI KULINER 3 SMKN 06 SEMARANG

Authors

  • Zaenal Arifin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

vlog, PJBL, berita

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai sikap kreatif yang perlu diasah melalui kegiatan proyek. Dalam hal ini sikap kreatif dapat dilakukan dengan proyek, seperti menyajian berita dalam bentuk video. Namun dengan hal ini terdapat peserta didik yang kurang terampil dan percaya diri sehingga video yang dihasilkan kurang sesuai dengan kaidah berita yang baik, maka dengan hal ini perlu penerapan penerapan pembelajaran project based learning dengan bantuan media Tik Tok.  Media Tik Tok bertujuan untuk melatih sikap percaya diri peserta didik. Hal ini dikarenakan video yang diunggah di Tik Tok akan ditonton oleh masyarakat pengguna Tik Tok. Hasil video yang harus diunggah di media sosial Tik Tok akan membuat peserta didik bertanggungjawab dan sungguh-sunguh serta percaya diri saat menyajikan video vlog kuliner. Video vlog dengan tema kuliner dipakai karena berhubungan dengan jurusan peserta didik XI Kuliner 3. Oleh sebab itu, peserta didik akan mudah dalam proses pembuatan vlog kuliner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitafi. Teknik pengumpul dilakukan dengan cara teknik tes dari hasil proyek vlog peserta didik. dai serangkaian penelitian tindakana kelas ini memperoleh hasil yang baik yakni mengalami peningkatan dari siklus 1 80,4 menjadi 90,8. Dari peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan project based learning berbasis video vlog Tik Tok mampu meningkatkan hasil kinerja peserta didik dan mencapai kategori sangat baik.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Arifin, Z. . (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS VIDEO VLOG TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN BERITA INOVASI KELAS XI KULINER 3 SMKN 06 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 229–235. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4794

Issue

Section

Prosiding 2023