PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INFOGRAFIS CANVA PADA PESERTA DIDIK KELAS X-9 DI SMA N 10 SEMARANG
Keywords:
Biografi, Canva, InfografisAbstract
penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang dilakukan untuk menerapkan pemanfaatan media Canva dalam menulis dan membuat teks biografi pada peserta didik kelas X9 SMA N 10 Semarang yang pada nantinya akan dibuat infografis sebagai tugas akhir. Dalam hal ini tentunya memanfaatkan teknologi sebagai salah satu sumber media yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu pemanfaatan teknologi yang digunakan dalam penelitian tindakan ini ialah canva untuk membuat infografis.
Dalam pelaksanaan penelitian tidakan kelas, dibagi menjadi tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus guru akan memberikan tugas kepada peserta didik untuk menulis teks biografi dengan tema bebas berdasarkan idola dari masing-masing peserta didik tanpa bantuan apapun dari guru. Pada siklus I, guru menilai lagi terkait hasil yang akan dibuat oleh peserta didik berdasarkan LKPD yang ada yaitu menulis teks biografi sesuai struktur dan kaidah kebahasaan. Pada siklus II guru meminta peserta didik membuat infografis teks biografi berbantu media canva. Pembuatan teks biografi ini berdasarkan teks yang sudah dibuat dari siklus I dan dikembangkan menjadi infografis berbantu media canva dalm siklus II. teknik pengumpulan data melalui teknik tertulis yang dilakukan oleh peserta didik dalam membuat teks biografi, serta observasi perilaku peserta didik untuk mengetahui hasil proses pembelajaran selama pelaksanaan proses pembelajaran menulis serta membuat teks biografi dan dokumentasi sebagai akhir dari pengumpulan data penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memaparkanpeningkatan keterampilan menulis teks biografi dengan menggunakan media infografis canva pada peserta didik kelas X-9 di SMA N 10 Semarang.
References
Effendy, Dkk. (2022). Pengembangan Modul Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme Untuk Peserta Didik SMA Kelas X di SMA Negeri 1 Membalong. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3),1370 -1373.
Faiza & Rahma Elvira Tanjung. 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika, Jurnal Voteknika. 7(2), 80-84.
Firmansyah. (2015). Pengaruh Internet Terhadap Mahasiswa (Studi Terhadap Tim Sepak Bola Mon Malem Blang Bintang Aceh Besar). Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. Aceh. Halaman 190-199.
Muhtadi, A. 2019. Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Tim Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas. Mulyono. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Adi Karya Mandiri.
Riyanto & Putri Eksanika. (2017). Pemanfaatan Internet oleh Penyuluh Pertanian. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat,1(1), 67-80.
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Fajar Interpratama.
Syaifudin Ahmad & Fahrudin Bustomi. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Humanis Bagi Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 33-43.
Septiana, Ika. (2020). “Pemanfaatan Layar Sentuh Oleh Generasi Z Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Prosiding Seminar Literasi V.Semarang: Universitas PGRI Semarang. Sholeha, Septi dkk. (2021). “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar”. Jurnal Sekolah, 5 (3), 52-58.
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. 47 Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukirman dan Jumahana. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press. Tomlinson. 2001. Pembelajaran Berdiferensiasi. VA: ASCD.
Wibawanto. 2018. Penggunaan Internet dalam Perpustakaan. Pustakaloka, 10 (2), 80-88.
Yusuf, Rusli dkk. (2019). “Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Model Project Citizen”. Prosiding Seminar Nasionaol. (pp 185—200). Aceh: Universitas Syiah Kuala.