33. Implementasi Model Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pembelajaran Ppkn di SD

Authors

  • Muhammad Abdul Karim
  • Agnita Siska Pramasdyahsari
  • Bayu Iskandar

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Pembelajaran PPKN, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PPkn siswa kelas V SD Dersalam 01 Kudus yang bejumlah 28 siswa. Hasil observasi yang didapatkan siswa kurang semangat dalam proses pembelajaran, kurang ikut berpartisipasi sehingga hasil belajar siswa menurun. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa pada pelajaran PPkn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasilnya meningkat. Data pada penelitian ini berupa data aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar siswa yang diperoleh dengan memberikan tes kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal 36% dan daya serap klasikal sebesar 56% dan nilai rata-rata 5,6. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dimana ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,4% serta daya serap klasikal sebesar 67,9% dengan nilai rata-rata 6,8. Pada pelaksanaan siklus III terjadi peningkatan dimana ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% serta daya serap klasikal sebesar 80% dengan nilai rata-rata 8. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPkn melalui model kooperatif tipe (Student Teams Achievement Division) STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Dersalam 01 Kudus. Saran dalam penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal yang dapat diterapkan di SD Dersalam 01 Kudus. Untuk guru, calon guru bisa juga berinovasi dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar yang dapat menarik semangat belajar bagi siswa-siswinya dikelas sehingga tujuan belajar dan hasil belajar dapat tercapai.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Karim, M. A. ., Pramasdyahsari, A. S. ., & Iskandar, B. . (2023). 33. Implementasi Model Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pembelajaran Ppkn di SD . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 274–285. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3909

Issue

Section

Prosiding 2023