11. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu dan Buku Pintar Pada Kelas IV SDN Brumbung
Keywords:
Problem Based Learning, Lagu dan buku pintar, Hasil BelajarAbstract
Wening Desti Dian Pertiwi. 2023. Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Dan Buku Pintar Pada Kelas IV SD Negeri Brumbung. PTK, Jurusan PPG PraJabatan, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas PGRI Semarang, Dosen Pengampu : Harto Nuroso M.Pd., Guru Pamong Agus Riwanto, M.Pd. Latar belakang penelitian ini yaitu model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional dan hanya berbantu media power point sederhana. Kurangnya motivasi belajar peserta didik pasca pandemi mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu “Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Dan Buku Pintar Pada Kelas IV SD Negeri Brumbung” “Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Kelas IV SD NEGERI BRUMBUNG?” “Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pasca daring setelah menggunakan model pembelajaran Peoblem Based Learning berbantu media lagu dan buku pintar di kelas 4 SD NEGERI BRUMBUNG?” Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning berbantu media lAGU dan Buku Pintar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 4 SD Negeri Brumbung tahun ajaran 2023/2024 sejumlah 20 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing- masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik Kelas IV C, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif meliputi motivasi belajar peserta didik dan aktivitas guru, dan data kuantitatif mencakup hasil belajar peserta didik, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes melalui pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar peserta didik meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Hasil penelitian siklus I