Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Lagu pada Kelas IV SD N Wonotingal

Authors

  • Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono Universits PGRI Semarang
  • Noor Miyono Universits PGRI Semarang
  • Lilik Pancowati Universits PGRI Semarang
  • Feny Nur Oktaviani Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Lagu, Hasil Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional dan hanya berbantu media power point sederhana. Kurangnya motivasi belajar peserta didik pasca pandemi mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Pada Kelas IV SD N Wonotingal” “Bagaimana penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Kelas IV SD NEGERI WONOTINGAL?” “Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran pasca daring setelah menggunakan model pembelajaran Peoblem Based Learning berbantu media lagu di kelas IV SD N WONOTINGAL?” Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Lagu sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 4 SD Negeri Wonotingal sejumlah 26 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik Kelas IV C, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif meliputi motivasi belajar peserta didik dan aktivitas guru, dan data kuantitatif mencakup hasil belajar peserta didik, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes melalui pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan (observasi). Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar peserta didik meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

References

Almuntasheri, S., Gillies, R.M., & Wright,

T. 2016. The Effectiveness of a Guided Problem based learning- based, Teachers‟ Professional Development Programme on Saudi Students‟ Understanding of Density. Science Education International, 27 (1) : 16-39.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suhardjono, dan Sapardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2007. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP Depdikbud. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. 2006.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006

tentang Standar

Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Mentri Pendidikan Nasional Depdiknas. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar

Kompetensi Lulusan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Mentri Pendidikan Nasional

Dewi, Narni Lestari. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar.

Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejour nal/index.php/jurnal_pendas/artic le/do wnload/51 2/304 (diakses tanggal 20 Juli 2022).

Dewi, Safa Anindiya PPC., Fakhriyah, Fina, Purbasari, Imaniar. 2019. Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta didik melalui Guided Problem based learning Berbantuan Media Papan Putar pada Tema Pahlawanku Kelas IV. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 2 (2):198- 203.ISSN:2620-9780.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks. Hunaepi, dkk (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya

Ilmiah bagi Guru di MTs. NW Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat e- ISSN: 2041-626X Volume 1 Nomor 1, Oktober 2016.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Ghalia Indonesia

Kawuryan, S.P. (2013). Karakteristik Peserta didik SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya.

Yogyakarta: PGSD FIP UNY.

Kemandirian Belaj ar Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika”. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, hal. 10–11, http://digilib.uinsby.ac.id/21340/.

Kemmis, S. and McTaggart, R. 1988. The Action Researh Reader. Victoria: Deakin University Press.

Legiman. PENELITIAN TINDAKAN

KELAS (PTK). Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta. Mahmud, dan Tedi Priatna. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktek).Bandung: Tsabita.

Metaputri, Ni Kadek, Margunayas, I Gd, Garminah, Ni Nym. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Peserta didik Kelas IV SD. e-Journal PGSD Unversitas Pendidikan Ganesha. 4 (1):1- 10.

Morgan, Hani. 2020. Best Practices For Implementing Remote Learning During A Pandemic.

The Clearing House 93(3) 135–141.

Muhtadi, A. (2019). Modul 3 Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Tim Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas.

Munfaridah, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Melatih Munib, Achmad. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKU UNNES. Newhouse, C. P., Lane, J., & Brown,

C. (2007). Reflecting on Teaching Practices Using Digital

Video Representation in Teacher Education. Australian Journal of Teacher Education, 32(3).

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press.

Presiden Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta : Pustaka Pelajar Sanjaya, W., & Budimanjaya, A. 2017.

Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.

Siregar, Eveline & Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran.

Bogor: Ghalia Indonesia. Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo. Sumardi, Kamin. Penelitian Tindakan Kelas. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, FPTK UPI.

Sumardiyani, L., Reffiane, F., Ayu, N., & Lestari, S. (2017). Model of Monitoring

and Evaluation of Character Education at Universitas PGRI Semarang. International Journal of Active Learning, 2(2), 112-119.

Sobur, A. (2010). Psikologi Umum.

Bandung: CV Pustaka Setia.

Soejoto, dkk (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal ABDI. Vol.2 No.2 Januari 2017, hal. 51 – 59 p-ISSN:

-5514 e-ISSN: 2002-6518

Sumantri,M dan Syaodih, N. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam masa Darurat Penyebaran

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group

Wijayanti, P.I., Mosik., & Hindarto, N. 2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Peserta didik Pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Problem based learning. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 : 1-5.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono, Noor Miyono, Lilik Pancowati, & Feny Nur Oktaviani. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Lagu pada Kelas IV SD N Wonotingal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2278–2286. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5380

Issue

Section

Prosiding 2023