Peningkatan Motivasi Belajar Materi Fungsi Melalui Model Pembelajaran STAD Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas XI SMA

Authors

  • M. Ainul Hurri Jailani Universits PGRI Semarang

Keywords:

motivasi belajar, pembelajaran berdiferensiasi, STAD

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi belajar siswa di kelas XI (10) SMAN 8 Semarang. Tindakan yang diambil untuk mengatasi masalah ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus meliputi 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI (10) yang berjumlah 35 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa yang pada pra-siklus memiliki rerata 50,8 naik menjadi 60,0 pada siklus 1 dan menjadi 70,9 pada siklus 2. Pada akhir siklus 2, tidak ada lagi siswa kelas XI (10) yang memiliki motivasi belajar sangat rendah atau rendah.

References

Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Education Research and Development, 7(2), 132–140.

Bahtiar, Kafrawi, M., & Yeni, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MTs. Al-Intishor Sekarbela. Orbita, 6(2), 207–212.

Clark, J. S., Porath, S., Thiele, J., & Jobe, M. (2020). Action Research. New Prairie Press.

Dabukke, R. C., & Purba, Nancy Angelia Sianturi, C. L. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 095196 Moho Bah Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5160–5169.

Febianti, Y. N. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102.

Gunawan, S., Rini, L. S., Wijayanti, P. S., & Jamilah, F. (2022). Efforts to Increase Motivation and Outcomes of Learning About Economic Activities Through Implementing the STAD Cooperative Learning Model. International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE), 830–840.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Basicedu, 6(4), 5817–5826.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (p. 6).

Ismunandar, D., Sobikhah, Misbahussurur, & Wijaya, T. T. (2023). Application of The student Teams Achivement Division (STAD) Type Cooperative Method on Algebraic Function Limit Material to Improve Learning Outcomes and Student Motivation. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 2(1), 39–46.

Khasanah, I., & Alfiandra. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas IX di SMPN 33 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5324–5327.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP.

Mauliya, I., Relianisa, R. Z., & Rokhyati, U. (2020). Lack Of Motivation Factors Creating Poor Academic Performance In The Context Of Graduate English Department Students. Linguists, 6(2), 73–85.

Misnawati. (2019). PENGARUH Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Proximal, 2(1), 108–118.

Mohammed, W. A. (2020). Investigating Factors Affecting the Learning Process in Higher Education - A Case Study. International Journal of Computer Trends and Technology, 68(6), 10–16.

Nurfadilah, Sudaryanti, D., & Anwar, S. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Online, Motivasi Belajar Dan Bahan Ajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang. E-JRA, 10(4), 68–76.

Padhi, G. (2021). Factors Affecting Teaching-Learning Process. International Journal of Creative Research Thoughts, 9(4), 2418–2423.

Rajagopalan, I. (2019). Concept of Teaching. International Journal of Education, 7(2), 5–8. https://doi.org/https://doi.org/10.34293/ education.v7i2.329

Rakhmawati, D. (2018). TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT): IMPROVE MOTIVATION OF STUDYING SOCIAL STUDY ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS. DWIJA CENDEKIA, 2(2), 17–20.

Rone, N. A., Guao, N. A. A., Jr, M. S. J., Acedillo, N. B., Balinton, K. R., & Francisco, J. O. (2023). Students’ Lack of Interest, Motivation in Learning, and Classroom Participation: How to Motivate Them? Psych Educ, 7, 636–645.

Saragih, S. (2021). Implementation of the STAD Type Cooperative Learning Model to Improve Students’ Motivation and Civics Learning Outcomes. Basicedu, 5(5), 3043–3049.

Suantara, I. M. O., Suastra, I. W., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(2), 61–71.

Tomlinson, C. A. (2001). HOW TO Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Wahyuni, L., & Febriani, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung. Naradidik, 2(1), 68–76.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafa, 5(2), 177–185.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM, 7(2), 85–92.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17–23.

Yulianto, I., Warsono, Nasution, & A.P, D. B. R. (2020). The Effect of Learning Model STAD (Student Team Achievement Division) Assisted by Media Quizizz on Motivation and Learning Outcomes in Class XI Indonesian History Subjects at SMA Trimurti Surabaya. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 923–927.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Jailani, M. A. H. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Materi Fungsi Melalui Model Pembelajaran STAD Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1538–1547. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5290

Issue

Section

Prosiding 2023