Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas Ivb Sdn Pedurungan Kidul 01

Authors

  • Laxmita Devi Safitri,Kartinah,Rahayu Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Wordwall

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan oleh
rendahnya motivasi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar pesreta didik kelas IVB SDN Pedurungan Kidul 01 pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 26 peserta didik dengan variabel terikat hasil
belajar dan variabel bebas penggunaan media Wordwall. Instrument dalam penelitian ini adalah
hasil tes peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta didik yang memenuhi Kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran (KKTP) pada siklus 1 adalah sebanyak 65% dengan rata-rata 76,5 sedangkan pada
siklus 2 presentase peserta didik yang mencapai KKTP sebanyak 81% dengan rata-rata 84,2 artinya
terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Pedurungan Kidul 01 pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia materi kata berawalan dengan menggunakan media pembelajaran
aplikasi Wordwall.

References

Ahmad, H., & Dini, K. (2018). Pengaruh

Teknik blibio edukasi terhadap rasa

rendah diri pada kelas XI di SMAN 8

Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan

Dan Konseling, 2(1).

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media

Pembelajaran quizizz untuk

pembelajaran jenjang pendidikan

dasar dan menengah di Bengkulu.

Kependidikan, 2(25).

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019).

Instrumen pengumpulan data.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi

Penelitian Kuantitatif: Komunikasi,

Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta

Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta:

Kencana Prenada.

Didik Komaidi & Wahyu Wijayati. (2011).

Panduan Lengkap PTK Penelitian

Tindakan Kelas: Teori, Praktek, dan

contoh PTK. Yogyakarta: Sabda

Media.

Didik Komaidi & Wahyu Wijayati. (2011).

Panduan Lengkap PTK Penelitian

Tindakan Kelas: Teori, Praktek, Dan

Contoh PTK. Yogyakarta: Sabda

Media.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi

belajar siswa dalam pembelajaran.

Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.).

(2018). Metoda pengumpulan dan

teknik analisis data. Penerbit Andi.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan

Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.

IJAR, 1(2).

Nuraini, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D.

(2023). Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Web

Menggunakan Google Sites Pada

Pelajaran IPS. Journal of Classroom

Action Research, 5(SpecialIssue),

-284.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani,

M. (2019). Analisis Kompetensi Guru

dalam Mempersiapkan Media

Pembelajaran Berbasis Teknologi

Informasi Era Revolusi Industri

0. Jurnal Eksakta Pendidikan

(Jep), 3(2), 133-141.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian.

Cipta Nusantara.

Savira, A., & Gunawan, R. (2022).

Pengaruh Media Aplikasi Wordwall

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Mata Pelajaran IPA Di Sekolah

Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 4(4), 5453-5460.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan

Pemikiran Pendidikan Freire Dengan

Tamansiswa Paulo Ajaran Dalam

Implementasi Merdeka Belajar.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022).

Pemanfaatan Quizizz sebagai media

pembelajaran berbasis game pada

masa pandemi Covid-19. Scholaria:

Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 12(2), 81-88.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori

Belajar humanistik dan Implikasinya

terhadap pembelajaran pendidikan

agama islam. Fondatia, 3(2), 1-18.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori

Belajar humanistik dan Implikasinya

terhadap pembelajaran pendidikan

agama islam. Fondatia, 3(2), 1-1.

Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W.

(2018). Model Pembelajaran

Problem Based Learning ( PBL )

Sebagai Pembiasaan Higher Order

Thinking Skills ( HOTS ) Pada

Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.

Seminar Nasional Pendidikan Sains,

–142.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Devi Safitri, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas Ivb Sdn Pedurungan Kidul 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2576–2581. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5415

Issue

Section

Prosiding 2023