Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas Ivb Sdn Pedurungan Kidul 01
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, WordwallAbstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan oleh
rendahnya motivasi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran, Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar pesreta didik kelas IVB SDN Pedurungan Kidul 01 pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 26 peserta didik dengan variabel terikat hasil
belajar dan variabel bebas penggunaan media Wordwall. Instrument dalam penelitian ini adalah
hasil tes peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif yang menunjukkan bahwa peserta didik yang memenuhi Kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran (KKTP) pada siklus 1 adalah sebanyak 65% dengan rata-rata 76,5 sedangkan pada
siklus 2 presentase peserta didik yang mencapai KKTP sebanyak 81% dengan rata-rata 84,2 artinya
terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Pedurungan Kidul 01 pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia materi kata berawalan dengan menggunakan media pembelajaran
aplikasi Wordwall.
References
Ahmad, H., & Dini, K. (2018). Pengaruh
Teknik blibio edukasi terhadap rasa
rendah diri pada kelas XI di SMAN 8
Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan
Dan Konseling, 2(1).
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media
Pembelajaran quizizz untuk
pembelajaran jenjang pendidikan
dasar dan menengah di Bengkulu.
Kependidikan, 2(25).
Anufia, B., & Alhamid, T. (2019).
Instrumen pengumpulan data.
Bungin, Burhan. (2015). Metodologi
Penelitian Kuantitatif: Komunikasi,
Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta
Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Jakarta:
Kencana Prenada.
Didik Komaidi & Wahyu Wijayati. (2011).
Panduan Lengkap PTK Penelitian
Tindakan Kelas: Teori, Praktek, dan
contoh PTK. Yogyakarta: Sabda
Media.
Didik Komaidi & Wahyu Wijayati. (2011).
Panduan Lengkap PTK Penelitian
Tindakan Kelas: Teori, Praktek, Dan
Contoh PTK. Yogyakarta: Sabda
Media.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi
belajar siswa dalam pembelajaran.
Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Jogiyanto Hartono, M. (Ed.).
(2018). Metoda pengumpulan dan
teknik analisis data. Penerbit Andi.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan
Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.
IJAR, 1(2).
Nuraini, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D.
(2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Web
Menggunakan Google Sites Pada
Pelajaran IPS. Journal of Classroom
Action Research, 5(SpecialIssue),
-284.
Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani,
M. (2019). Analisis Kompetensi Guru
dalam Mempersiapkan Media
Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi Era Revolusi Industri
0. Jurnal Eksakta Pendidikan
(Jep), 3(2), 133-141.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian.
Cipta Nusantara.
Savira, A., & Gunawan, R. (2022).
Pengaruh Media Aplikasi Wordwall
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Mata Pelajaran IPA Di Sekolah
Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 4(4), 5453-5460.
Sesfao, M. (2020). Perbandingan
Pemikiran Pendidikan Freire Dengan
Tamansiswa Paulo Ajaran Dalam
Implementasi Merdeka Belajar.
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022).
Pemanfaatan Quizizz sebagai media
pembelajaran berbasis game pada
masa pandemi Covid-19. Scholaria:
Jurnal Pendidikan Dan
Kebudayaan, 12(2), 81-88.
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori
Belajar humanistik dan Implikasinya
terhadap pembelajaran pendidikan
agama islam. Fondatia, 3(2), 1-18.
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori
Belajar humanistik dan Implikasinya
terhadap pembelajaran pendidikan
agama islam. Fondatia, 3(2), 1-1.
Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W.
(2018). Model Pembelajaran
Problem Based Learning ( PBL )
Sebagai Pembiasaan Higher Order
Thinking Skills ( HOTS ) Pada
Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.
Seminar Nasional Pendidikan Sains,
–142.