Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Berbantu Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Negeri Pandean Lamper 03

Authors

  • Nita Khusnun Nandifa Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Susilo Adi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Martatik Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Berbantu media Wordwall

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas 3 SD Negeri Pandeanlamper 03 pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup yang hasilnya belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, pembelajaran masih bersifat konvensional, tidak menerapkan model pembelajaran yang inovatif, sehingga membuat peserta didik pasif. Perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Wordwall bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 3 SD Negeri Pandeanlamper 03 dengan jumlah peserta didik 28 terdiri dari 14 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, tes evaluasi serta dokumentasi dan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Hasil tes evaluasi pra siklus yang semula nilai rata-rata kelas 58,04, pada siklus 1 meningkat menjadi 79,11, dan pada siklus 2 menjadi 86,79. Dengan KKM 75 rata-rata ketuntasan pada prasiklus 14%, siklus 1 menjadi 79%, dan siklus 2 menjadi 100%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Pandeanlamper 03 pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.

References

Anugraheni, Indri. dkk. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd: Kajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono., Supardi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007.

Dakabesi, D & Luoise, Y,S,I. (2019). The effect of Problem Based Learning Model on Critical Thinking Skills in The Context of Chemical Reaction Rate. Journal of Educationand Learning (EduLearn). 13(3), 395-401.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2),

Farisi, A. Hamid, A. & Melvina. (2017).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591.

Istiandaru, A., Istihapsari, V., Wardono, & Mulyono. (2015). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Edumatica, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2670.

Kemmis, S. & Taggart, M.R. (1998). The Action Research Planner, (victoria Dearcin University Press.

Munawaroh, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning kelas 3 Semester 1 SD Negeri Pledokan Tahun 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 2(4), 28- 37.

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144- 159.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2004). Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nandifa, N. K. ., Nugroho, A. A. ., Saputro, S. A. ., & Martatik. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Berbantu Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SD Negeri Pandean Lamper 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1804–1813. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5321

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>