Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pbl Berbantuan MediaWordwall Pada Kelas Vi A Sd Negeri Pandeanlamper 03 Semarang

Authors

  • Amilia Putri Widyowati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Wordwall

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik
melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall. Pembelajaran
matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting untuk diajarkan, karena pembelajaran
matematika yang diajarkan di sekolah mampu membuat peserta didik memiliki daya pikir yang
sistematis, logis, kritis, kreatif, dan konsisten. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas
VI A SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan
(planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kegiatan proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning
berbantuan media pembelajaran wordwall secara umum berjalan secara kondusif dan hasil belajar
meningkat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum tindakan hanya 21% setelah siklus I
dilaksankan menjadi 39% (meningkat 18%) dari sebelum tindakan, setelah dilakukan siklus II menjadi
82% (meningkat 43%) dari siklus I. Maka disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning
berbantuan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan hasil belajarmatematika pada peserta
didik kelas VI SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang TP 2023/2024.

References

Anggara Nenohai, J., Deni Ainur Rokhim,

& Nur Indah Agustina. (2022).

Development of GamificationBased

Wordwall Game Platform on

Reaction Rate Materials. Electron. J.

Chen, 14(2).

http://dx.doi.org/10.17807/orbital.v

i2.16206

Arikunto, Suharsismi. (2009). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi

Aksara.

Arsyad, M.N., & Fatmawati, D. (2018).

Penerapan Media Pembelajaran

Berbasis Multimedia Interaktif

Terhadap Mahapeserta didik IKIP

Budi Utomo Malang. Jurnal Agastya

(Vol. 8). http://e-

journal.unipma.ac.id/index.php/JA

/article/view/2702

Indrayani.(2012). Meningkatkan

Keaktifan Belajar Peserta didik

Melalui Strategi Pembelajaran

Berorientasi Aktifitas Peserta didik

Pada Pelajaran Matematika Dengan

Materi Perkalian Kelas III SDN 002

Pulau Permai Kecamatan Tambang

Kabupaten Kampar. Skripsi Thesis,

Universitas Islam Negeri Sultan

Syarif Kasim Riau.

https://repository.uin-

suska.ac.id/8141/1/2012_2012826.

pdf

Nandifa, N.K, Duwi Nuvita, & Mira Azizah.

(2023). Penerapan Model Problem

Based Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia di SD Negeri Sawah Besar

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD

STKIP Subang 9(2).

https://journal.stkipsubang.ac.id/in

dex.php/didaktik/article/view/1069

Listin Rosdiani, Badri Munawar, & Ratna

Dewi. (2021). Pelatihan Membuat

Game Edukasi Wordwall UntukGuru

Di Kelurahan Karaton. Jurnal

Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247–

https://jabb.lppmbinabangsa.id/ind

ex.php/jabb/article/view/138

Lubis, A.P. & Ishaq Nuriadin. (2022).

Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

dalam PembelajaranMatematika

Sekolah Dasar. Jurnal Albasicedu,

(4).

https://jbasic.org/index.php/basice

du

Mahmudah, F, Choitul Huda, Henry

Januar Saputra, & Muh. Rofingun.

(2023). Peningkatan Hasil Belajar

Kognitif Dengan Penggunaan Model

Problem Based Learning Di SD N

Karangrejo 02 Semarang. Didaktik :

Jurnal Ilmiah PGSD FKIP

Universitas Mandiri, 9 (2).

https://journal.stkipsubang.ac.id/in

dex.php/didaktik/article/view/1058

/917

Nadia, A.I., K.D.A. Afiani, & I. Naila.

(2022). Penggunaan Aplikasi

Wordwall untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika

Selama Pandemi Covid-19.

Jurnal Teknologi Pembelajaran

Indonesia, 12(1), 33-43.

https://ejournal2.undiksha.ac.i

d/index.php/jurnal_tp/article/

view/791

Octaviana, A, Diyan Marlina, &

NaniekKusumawati. (2023).

PenerapanModel

Pembelajaran Problem Based

Learnng (PBL) Berbantuan

MediaWordwall Untuk

MeningkatkanHasil

Belajar IPA Peserta didikKelas

V SDN Grudo 3

Ngawi.Pendas : Jurnal

Ilmiah PendidikanDasar,

(1).

https://journal.unpas.ac.id/inde

x.p

hp/pendas/article/view/9047

Paningga, Harland, Ikha Listyarini, &

Choirul Huda.(2019).

Keefektifan Model Problem

Based Learning Berbantu Media

AudioVisual Terhadap

Kedisiplinan Siswa. Indonesian

Journal Of Educational

Research and Review, 2(1).

https://ejournal.undiksha.ac.id

/index.php/IJERR/article/view

/17299

Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan (2016).

Permendikbud Nomor 22

Tahun 2016 tentang Standar

Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah. Permendiknas.

Jakarta.

Permana, E. P. (2015). Pengembangan

Media Pembejaran Boneka Kaus

Kaki untuk Meningkatkan

Keterampilan Berbicara Peserta

didik Kelas II Sekolah Dasar.

Profesi Pendidikan Dasar, 2(2).

https://doi.org/10.23917/ppd.v

i2. 1648

Putri, R. H., & Hardjono, N. (2019).

Peningkatan Hasil Belajar

Tematik melalui Penerapan

Model Problem

Based Learning dengan Media

Mind Mapping. Jurnal Riset

Teknologi Dan Inovasi

Pendidikan,2(1), 87–101.

https://www.neliti.com/id/pu

blications/266985/peningkat

an-hasil- belajar-tematik-

melalui-penerapan-model-

problem-based-learning

Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., &

Hardini, A. T. A. (2019). Hasil

Belajar Tematik Melalui Model

Problem Based Learning (PBL)

Kelas V SD. Naturalistic:

Jurnal Kajian Penelitian Dan

Pendidikan Dan

Pembelajaran, 3(2), 367–375.

https://repository.uksw.edu/b

itstream/123456789/19361/7/

T1_292015144_Judul.pdf

Rahmasari, R. (2016). Penerapan

Model Pembelajaran Problem

Based Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

IPA Kelas IV SD. Jurnal

Pendidik Guru Sekolah Dasar,

(1), 3.456-3.46.

https://journal.student.uny.a

c.id/ojs/index.php/pgsd/arti

cle/viewFile/5367/5074

Suardi, Moh. (2018). Belajar &

Pembelajaran. Jakarta:

Deepublish.

Susanto, A. (2013). Pembelajaran

Matematika Di SD. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Undang-Undang. (2003). UU Nomor

Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1

Ayat 1 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wulandari, D. A., Choirul Huda, &

Sri Suneki.(2023). Analisis

Gaya Belajar Peserta Didik

Pada Pembelajaran

Matematika Kelas 1 Di Sd

Negeri Petompon 02

Semarang. Didaktik : Jurnal

Ilmiah PGSD FKIP

Universitas Mandiri, 9(2).

https://journal.stkipsubang.ac

.id/index.php/didaktik/article

/view/1160

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putri Widyowati, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pbl Berbantuan MediaWordwall Pada Kelas Vi A Sd Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1637–1645. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5299

Issue

Section

Prosiding 2023