Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pbl Berbantuan MediaWordwall Pada Kelas Vi A Sd Negeri Pandeanlamper 03 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, WordwallAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik
melalui model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran wordwall. Pembelajaran
matematika merupakan pembelajaran yang sangat penting untuk diajarkan, karena pembelajaran
matematika yang diajarkan di sekolah mampu membuat peserta didik memiliki daya pikir yang
sistematis, logis, kritis, kreatif, dan konsisten. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas
VI A SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan
(planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kegiatan proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning
berbantuan media pembelajaran wordwall secara umum berjalan secara kondusif dan hasil belajar
meningkat dari ketuntasan hasil belajar peserta didik sebelum tindakan hanya 21% setelah siklus I
dilaksankan menjadi 39% (meningkat 18%) dari sebelum tindakan, setelah dilakukan siklus II menjadi
82% (meningkat 43%) dari siklus I. Maka disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning
berbantuan media pembelajaran wordwall dapat meningkatkan hasil belajarmatematika pada peserta
didik kelas VI SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang TP 2023/2024.
References
Anggara Nenohai, J., Deni Ainur Rokhim,
& Nur Indah Agustina. (2022).
Development of GamificationBased
Wordwall Game Platform on
Reaction Rate Materials. Electron. J.
Chen, 14(2).
http://dx.doi.org/10.17807/orbital.v
i2.16206
Arikunto, Suharsismi. (2009). Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi
Aksara.
Arsyad, M.N., & Fatmawati, D. (2018).
Penerapan Media Pembelajaran
Berbasis Multimedia Interaktif
Terhadap Mahapeserta didik IKIP
Budi Utomo Malang. Jurnal Agastya
(Vol. 8). http://e-
journal.unipma.ac.id/index.php/JA
/article/view/2702
Indrayani.(2012). Meningkatkan
Keaktifan Belajar Peserta didik
Melalui Strategi Pembelajaran
Berorientasi Aktifitas Peserta didik
Pada Pelajaran Matematika Dengan
Materi Perkalian Kelas III SDN 002
Pulau Permai Kecamatan Tambang
Kabupaten Kampar. Skripsi Thesis,
Universitas Islam Negeri Sultan
Syarif Kasim Riau.
suska.ac.id/8141/1/2012_2012826.
Nandifa, N.K, Duwi Nuvita, & Mira Azizah.
(2023). Penerapan Model Problem
Based Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia di SD Negeri Sawah Besar
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD
STKIP Subang 9(2).
https://journal.stkipsubang.ac.id/in
dex.php/didaktik/article/view/1069
Listin Rosdiani, Badri Munawar, & Ratna
Dewi. (2021). Pelatihan Membuat
Game Edukasi Wordwall UntukGuru
Di Kelurahan Karaton. Jurnal
Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247–
https://jabb.lppmbinabangsa.id/ind
ex.php/jabb/article/view/138
Lubis, A.P. & Ishaq Nuriadin. (2022).
Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
dalam PembelajaranMatematika
Sekolah Dasar. Jurnal Albasicedu,
(4).
https://jbasic.org/index.php/basice
du
Mahmudah, F, Choitul Huda, Henry
Januar Saputra, & Muh. Rofingun.
(2023). Peningkatan Hasil Belajar
Kognitif Dengan Penggunaan Model
Problem Based Learning Di SD N
Karangrejo 02 Semarang. Didaktik :
Jurnal Ilmiah PGSD FKIP
Universitas Mandiri, 9 (2).
https://journal.stkipsubang.ac.id/in
dex.php/didaktik/article/view/1058
/917
Nadia, A.I., K.D.A. Afiani, & I. Naila.
(2022). Penggunaan Aplikasi
Wordwall untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika
Selama Pandemi Covid-19.
Jurnal Teknologi Pembelajaran
Indonesia, 12(1), 33-43.
https://ejournal2.undiksha.ac.i
d/index.php/jurnal_tp/article/
view/791
Octaviana, A, Diyan Marlina, &
NaniekKusumawati. (2023).
PenerapanModel
Pembelajaran Problem Based
Learnng (PBL) Berbantuan
MediaWordwall Untuk
MeningkatkanHasil
Belajar IPA Peserta didikKelas
V SDN Grudo 3
Ngawi.Pendas : Jurnal
Ilmiah PendidikanDasar,
(1).
https://journal.unpas.ac.id/inde
x.p
hp/pendas/article/view/9047
Paningga, Harland, Ikha Listyarini, &
Choirul Huda.(2019).
Keefektifan Model Problem
Based Learning Berbantu Media
AudioVisual Terhadap
Kedisiplinan Siswa. Indonesian
Journal Of Educational
Research and Review, 2(1).
https://ejournal.undiksha.ac.id
/index.php/IJERR/article/view
/17299
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan (2016).
Permendikbud Nomor 22
Tahun 2016 tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah. Permendiknas.
Jakarta.
Permana, E. P. (2015). Pengembangan
Media Pembejaran Boneka Kaus
Kaki untuk Meningkatkan
Keterampilan Berbicara Peserta
didik Kelas II Sekolah Dasar.
Profesi Pendidikan Dasar, 2(2).
https://doi.org/10.23917/ppd.v
i2. 1648
Putri, R. H., & Hardjono, N. (2019).
Peningkatan Hasil Belajar
Tematik melalui Penerapan
Model Problem
Based Learning dengan Media
Mind Mapping. Jurnal Riset
Teknologi Dan Inovasi
Pendidikan,2(1), 87–101.
blications/266985/peningkat
an-hasil- belajar-tematik-
melalui-penerapan-model-
problem-based-learning
Purnaningsih, W., Relmasira, S. C., &
Hardini, A. T. A. (2019). Hasil
Belajar Tematik Melalui Model
Problem Based Learning (PBL)
Kelas V SD. Naturalistic:
Jurnal Kajian Penelitian Dan
Pendidikan Dan
Pembelajaran, 3(2), 367–375.
itstream/123456789/19361/7/
T1_292015144_Judul.pdf
Rahmasari, R. (2016). Penerapan
Model Pembelajaran Problem
Based Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
IPA Kelas IV SD. Jurnal
Pendidik Guru Sekolah Dasar,
(1), 3.456-3.46.
c.id/ojs/index.php/pgsd/arti
cle/viewFile/5367/5074
Suardi, Moh. (2018). Belajar &
Pembelajaran. Jakarta:
Deepublish.
Susanto, A. (2013). Pembelajaran
Matematika Di SD. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group
Undang-Undang. (2003). UU Nomor
Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1
Ayat 1 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wulandari, D. A., Choirul Huda, &
Sri Suneki.(2023). Analisis
Gaya Belajar Peserta Didik
Pada Pembelajaran
Matematika Kelas 1 Di Sd
Negeri Petompon 02
Semarang. Didaktik : Jurnal
Ilmiah PGSD FKIP
Universitas Mandiri, 9(2).
https://journal.stkipsubang.ac
.id/index.php/didaktik/article
/view/1160