PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI NKRI DAN KEDAULATAN WILAYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA WORDWALL PADA KELAS X PM 3 SMK NEGERI 2 SEMARANG
Keywords:
berpikir kritis, peningkatan, model pembelajaran problem based learning, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran Wordwall pada kelas X SMK Negeri 2 Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi NKRI dan Kedaulatan Wilayah melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media Wordwall pada kelas X SMK Negeri 2 Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X PM 3 SMK Negeri 2 Semarang. Berdasarkan sumber data, terdapat jumlah populasi sebanyak dua belas kelas. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel sehingga diperoleh satu sampel kelas yang dipilih berdasarkan kelas yang digunakan untuk kegiatan PPL 2. Sampel penelitian yaitu kelas X PM 3 SMK Negeri 2 Semarang. Data penelitian diambil dari hasil belajar peserta didik kelas X PM 3 SMK Negeri 2 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan persentase untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis pada materi NKRI dan kedaulatan Wilayah. Data kualitatif dianalisis dengan mempertimbangkan pedoman penskoran yang diterapkan pada instrumen penelitian. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,3 dengan kategori kurang baik sedangkan siklus I sebesar 84 dengan kategori baik. Siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 88 dengan kategori baik Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya peningkatan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi sebesar 20,7%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dermawan, Deden Dicky dan Panji Maulana. Analisis Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PKN di Sekolah. J. Elementaria Edukasia. 6 (4): 1572.
Husnidar, dkk. 2014. ‘Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Peserta didik’. Dalam Jurnal Didaktik Matematika Volume 1 No. 1.
Johnson. Elaine. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: Nizen Learning Center.
Liliasari. 2003. Peningkatan Mutu Guru dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3 (8): 175.
Maryanti, Sri, Sri Hartati, dan Dede Trie Kurniawan. 2022. Assesment For Learning Educandy & Wordwall. Bandung: Yayasan Rumah Rawda Indonesia.
Prima Mutia Sari dan Husnin Nahry Yarza, PelatihanPenggunaan Aplikasi Quizizz dan Word Wall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-guru SDIT Al-Kahfi. (Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol. 4 No. 2. 2021) h. 196.
Wahyu Siti Juliana, dkk. Efektivitas Media Pembelajaran Word Wall Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas VI. (Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Vol. 3. 2020) h. 730