Penerapan Model PBL Berbantu Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN Pandeanlamper 01 Semarang

Authors

  • Nur Amalia Septi Asih Universits PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universits PGRI Semarang
  • Kanti Kartika Sari Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Penelitian tindakan kelas, Hasil Pembelajaran IPAS, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik melalui model pembelajaranPBL (Problem Based Learning) menggunakan bantuan game interaktif wordwall Penelitian ini menggunakan  metode  penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.Ctaggart. yang   memiliki   empat   tahapan   yaitu   (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) pengamatan,(4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV B SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Dengan subjek penelitian sebanyak 26 Peserta Didik yang terdiri dari 11 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan soal tes dengan bentuk essay dan pilihan ganda dilakukan di kelas. Hasil penelitian ini sebelum menggunakan penerapan model pembelajaran problem based leraning berbantu game interaktif wordwall (pra siklus), hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV B SDN Pandeanlamper 01 Semarang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum, sebanyak 15 peserta didik (57,7%) dinyatakan tidak lulus dan 11 peserta dididk (42,3%) lulus dengan nilai daiatan KKM ditentukan, yaitu nilai 67 sehingga peserta didik memerlukan perbaikan pembelajaran dan peserta didik . Pada siklus I sudah terjadi peningkatan signifikan hasil belajar menggunakan penerapan model pembelajaran problem based leraning berbantu game interaktif wordwall 17 peserta didik (65,4%) lulus dengan nilai KKM, sebanyak 9 peserta didik (34,6%) dinyatakan tidak lulus dengan nilai KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan sudah terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan penerapan model pembelajaran problem based leraning berbantu game interaktif wordwall 18 peserta didik (69,3% lulus dengan nilai KKM, sebanyak 8 peserta didik (30,7%) dinyatakan tidak lulus dengan nilai KKM. Pada siklus III terjadi peningkatan sudah terjadi peningkatan hasil belajar menggunakan penerapan model pembelajaran problem based leraning berbantu game interaktif wordwall 19 (73,7%)  peserta didik lulus dengan nilai KKM, sebanyak 8 peserta didik (26,9%) dinyatakan tidak lulus dengan nilai KKM. Hal ini menunjukan bahwa Hal ini menunjukan bahwa penerapan PBL berbantu game interaktif wordwall menunjukkan Hasil peningkatan belajar IPAS kelas IV SDN Pandeanlamper 01 Semarang yang awalnnya rendah menjadi tinggi.

 

References

Arief S. Sadiman, dkk. 1986. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Jakarta: Rineka.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pen didikan Nasional, Sinar Grafika, 2003.

UU RI. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003

Setyowati, D., Prayito, M., & Djama’i, N. (2023, July). 285. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD 2 Mijen. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1975-1985).

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi PBL untuk menyiapkan calon pendidik dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 271-290.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Pradana, D. P. (2021). Perbandingan Metode Ceramah Dan Cerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Katolik Di Kota Madiun (Doctoral dissertation, WINAPress).

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) Peserta Didik kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Supriatna, E. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15-19.

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar Peserta Didik melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 53.

Ferryka, P. Z. (2018). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Sugianto, V. J., Prayanto, W. H., & Yudani, H. D. (2015). Perancangan board game mengenai bahaya radiasi gadget terhadap anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 15.

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohmah, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127-141.

Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). ANALISIS KRITIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54. Retrieve

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nur Amalia Septi Asih, Aries Tika Damayani, & Kanti Kartika Sari. (2023). Penerapan Model PBL Berbantu Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SDN Pandeanlamper 01 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2091–2099. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5353

Issue

Section

Prosiding 2023