Penerapan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Stik Es KrimAbstract
Penelitian ini bertujan untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan alat peraga stik es krim. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Karangrejo 02 Semarang yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media stik es krim dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar matematika untuk siswa kelas I. nilai rata-rata untuk prasiklus mencapai 58% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 72% dengan aktivitas belajar 66% masuk kriteria aktif. Pada siklus II meningkat kembali menjadi 87% dengan aktivitas belajar 85% masuk kriteria sangat aktif. Peningkatan juga terjadi pada presentase ketuntasan siswa pada pra siklus hanya 3 atau 25% siswa yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 5 atau 42% yang tuntas, dan pada siklus II sejumlah 11 siswa atau 92%.
References
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A., & Suhaemi, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar, Motivasi dan Minat Peserta Didik Menggunakan Metode Diskusi dan Media Stik Es Krim. INA-Rxiv.
Febrita, Yolanda & Ulfah, Maria (2019). Penerapan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siwa, Diskusi Pkanel Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Indraprasta PGRI. 151-188.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusumah, W. & Dwitagama. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Maurin, Hana & Sani Insan (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. UIN Sunan Gunung Djati. Volume 1 Nomor 2. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526
Nurrita, Teni (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 03 Nomor 01
Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Putri, L. S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Tunarungu Kelah III di SLB B YPTB Malang. Skripsi S1. Universitas Malang.
Sanaky, H. AH. (2013). Media Pembelajarn Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Kemampuan Dalam Soal Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. JPMI Pembelajaran Inovatif), 1(5), (Jurnal Matematika 873. https://doi.org/10.22460/jpmi.v 1i5.p873-880
Soedarmadi. (2019). Matematika Ekonomi. Semarang University Radna Andi Wibowo.
Sugiyono. (2009). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Badung: Alfabeta.
Suharti, S. (2018). Penerapan Media Stik Ice Cream untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I-A di SDN Sumorame Kecamatan Candi Sidoarjo. JMP Online Vol. 2 No. 5 Mei (2018) 507-520. https://e-jurnalmitrapendidikan.com
Sulfemi, W. B., & Suhaemi. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik KelasII di SDN Srengseng Sawah 12 Pagi Kota Jakarta Selatan Menggunakan Metode Diskusi dan Media Stik Es Krim. Diakses di https://doi.org/10.31227/osf.io/2y56k
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta