PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pemanfaatan LingkunganAbstract
Mata pelajaran IPAS membantu peserta didik menumbuhkan keingintahuannya terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya. Pembelajaran IPAS dirancang untuk memberikan pengalaman belajar peserta didik dalam berinteraksi dengan guru, peserta didik, serta lingkungan. Pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran membuat peserta didik merasakan pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS kelas IV dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar dapat dilihat dari hasil pra siklus yaitu aktivitas peserta didik diperoleh persentase sebesar 57%, dan hasil belajar peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 58,4. Pada siklus I persentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas belajar menjadi sebesar 65,5%, dan memperoleh hasil belajar dengan rata-rata sebesar 64,8. Kemudian pada siklus II persentase aktivitas peserta didik mengalami peningkatan menjadi sebesar 82,5%, dan memperoleh hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 75,2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV.
References
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13.%20CP%20IPAS.pdf
Chrislando, A. 2019. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan. Volume 15 No 1 Mei 2019. p-ISSN: 2087-3476 | e-ISSN: 2541-5700. http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v15i1.303
Daha, Rahmatia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Dalam Pembelajaran Di Kelas IV SD Negeri Longka Kabupaten Gowa Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Efriani, Lestari M.P.A., dan Ritman I.P. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Di Kelas IV SDN 9 Bunobogu. Jurnal Kreatif Tadulako Volume 5 nomor 3. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3836
Ifrianti, S., Emila, Y. 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebgai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Min 10 Bandar Lampung. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 3 Nomor 2 Desember 2016. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1186/0
Mutiara. 2021. Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA di MI/SD. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 4 Nomor 2. https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/380
Priyamitasari, D.Y.A., Nur, S., dan Endang, S.M. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Metode Outdoor Learning Dengan Pemanfaatan Lingkungan Sekitar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Volume 3 Juli 2022. ISSN: 2621-8097. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID