308. Penerapan Media Papan Persegi Satuan untuk Meningkatan Hasil Belajar pada Materi Keliling Bangun Datar Siswa Kelas III B SDN Karangsari 1
Keywords:
Hasil Belajar, Media Papan Persegi Satuan, MatematikaAbstract
Pembelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak dan tidak mudah dipahami oleh anak sekolah dasar dan siswa masih beranggapan bahwa matematika adalah pembelajaran yang sulit serta mengakibatkan hasil belajar siswa yang diperoleh masih rendah. Sehingga guru perlu menerapkan media pembelajaran yang diharapkan mampu membuat siswa lebih aktif dan antusias untuk belajar matematika slah satunya yaitu menggunakan media papan persegi satuan dalam materi keliling bangun datar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas III B SDN Karangsari 1 dalam pembelajaran matematika pada materi keliling bangun datar dengan menerapakan media papan persegi satuan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas III B SDN Karangsari 1 dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi untuk teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis ketuntasan hasil belajar dan deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dan guru kelas III B SDN Karangsari 1 menunjukkan hasil yang signifikan dilihat dari hasil pengamatan bahwa siswa sangat aktif dan antusias saat proses pembelajaran dengan menerapakan media papan persegi satuan. Sementara itu penerapan media papan persegi satuan mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika siswa kelas III B di SDN Karangsari 1. Terbukti dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar dari pra-siklus (37%) dengan jumlah 7 siswa yang tuntas, siklus I (53%%) dengan jumlah 10 siswa yang tuntas, dan siklus II (89%) dengan jumlah siswa yang tuntas 17 dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 19.