PENERAPAN METODE GALLERY WALK TERINTEGRASI MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI
Keywords:
gallery walk, hasil belajar, kahootAbstract
Guru seringkali menerapkan metode diskusi dan presentasi satu arah pada proses pembelajaran. Di sisi lain kedua metode tersebut memiliki beberapa dampak jika bahan presentasi atau cara presentasi suatu kelompok kurang menarik seperti banyak dari siswa yang berbicara sendiri ketika teman yang lain sedang melakukan kegiatan presentasi dan asyik bermain gadget, sehingga informasi yang dipaparkan presenter tidak dapat tersampaikan dengan baik. Akibatnya hasil penilaian kinerja siswa dan hasil belajar kognitif siswa yang didapatkan menjadi kurang maksimal. Metode Gallery walk yang terintegrasi dengan kahoot dapat meningkatkan keaktifan siswa. Siswa dapat memperhatikan temannya ketika presentasi karena metode tersebut siswa mengelilingi hasil pameran setiap kelompok sehingga akan berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Gallery walk terintegrasi media kahoot dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan pada bulan Agustus – desember di kelas XI 2 SMAN 8 Semarang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi). Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi penilaian kinerja dan kuis hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan peningkatan dari kedua siklus yang sudah dilakukan. Rerata peningkatan pada hasil belajar siswa parameter penilaian kinerja dari siklus 1 69% dengan kategori cukup menjadi 92% dengan kategori sangat baik pada siklus kedua sehingga rerata peningkatan siklus 1 dan 2 sebanyak 23%. Sedangkan hasil belajar kognitif dengan metode Gallery walk yang terintegrasi dengan kahoot pun mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif dari 50% pada siklus 1 dan menjadi 80% ketuntasan siswa pada siklus 2.
References
Arikunto, S. et.al (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asmani, Jamal M., (2011). 7 Tips Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Jogjakarta: Diva Press.
Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1).
Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. Sistem Informasi, 01(01).
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., And Hyun, H. H. (2011). How To Design And Evaluate Research In Education (New York: Mcgraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages)
Haryono. (2013). Pembelajaran Ipa Yang Menarik Dan Mengasyikan : Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Kepel Press
Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis edmodo terhadapmotivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 226. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459
Kahayun, Wakidi, & Ekwandari, Y. S. (2015). Pengaruh Gallery walk Terhadap Minat Belajar Sejarah Di Sman 1 Natar. Journal of PESAGI, 3(2).
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena, Vol. 3 No. 1.
Luzyawati, L., Hamidah, I., & Febrianti, L. (2020). Implementasi Metode Gallery walk Terhadap Minat Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Bio Educatio, 5(2), 1–9.
Mailoa, E. (2008). Teknik penyajian presentasi ilmiah yang efektif dengan menggunakan media elektronik. Dentofasial, 7(2), 88–98.
Nurafina, E., Roshayanti, F., Dzakiy, M. A., & Hayat, M. S. (2022). Nature of Model (NoM) in Science Learning. Bornoe of Journal Biology Education (BJBE), 4(2), 134–139. https://doi.org/10.1007/s11165
Padi, L. sih sesami, Ulfah, M., & Nurhayati, E. (2023, June). Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Aktivitas Belajar Sistem Imun melalui Model Project Based Learningdengan Metode Gallery walkpada Peserta didik Kelas XI.
Pancawati, E. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Gallery walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 di Kelas X-1 SMAN 4 Kota Bima Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(1), 56–66. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i1.169
Rafnis. (2018). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://kahoot.com/
Rakhmayanti, R., Hindriana, A. F., & Handayani, H. (2018). Penerapan Metode Gallery walk Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Gegesik. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 10(2), 20. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.1252
Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery walk Melalui Media Gambar Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Fungky, Ed.). Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Setiawan-9/publication/343384767_belajar_dan_pembelajaran/links/5f2e49ef458515b7290d42bd/belajar-dan-pembelajaran.pdf
Setiawan. W, & Nurasiah, H. (2018). Galery Walk Dalam Aktivitas Belajar: Penelitian Tindakan Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al – Aulad: Journal Of Islamic Primary Education , 1(1).
Tan, D., Lin, A., Ganapathy, M., & Kaur, M. (2018). Kahoot! It: Gamification in Higher Education. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum, 26(1), 565–582. http://www.pertanika.upm.edu.my/
Yuniastuti, E. (2021). Penerapan Metode Presentasi Dan Metode Diskusi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Universitas Tridharma. Research Lembaran Publikasi Ilmiah, 4(2).