Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Kolaborasi Peserta Didik pada Materi Jaringan dengan Metode Gallery Walk

Authors

  • Melani Zalsabilla

Keywords:

Kognitif, Kolaborasi, Gallery Walk, Projek

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK-K) yang dilaksanakan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan kemampuan kognitif peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan metode Gallery Walk di kelas XI-11 SMA Negeri 9 Semarang. Menurut observasi yang telah dilaksanakan di kelas XI-11 SMA Negeri 9 Semarang, peserta didik megalami kesulitan dalam berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif (PTK-K) yang melibatkan guru, peserta didik, dan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-11 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis dengan metode deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kolaborasi ditunjukkan dengan data pra-siklus yang termasuk dalam kategori minimal baik sebanyak 16,7%, pada siklus I sebanyak 50%, dan pada siklus II sebanyak 83,3%. Data kemampuan kognitif juga meningkat ditunjukkan oleh peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimum dimulai dari pra-siklus 16,7%; siklus I sebanyak 47%; dan siklus II sebanyak 75%.

 

References

Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.

Anas, N., & Adlini, M. N. (2023). Analisis Keterampilan Abad 21 Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. 21.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Aripin, I., Sugandi, M. K., Mu’minah, I. H., & Mulyani, A. (2020). Pelatihan Pembelajaran Biologi Abad 21. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 150–158. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.311

Daga, A. T., Wahyudin, D., & Susilana, R. (2022). The 21st Century Skills of Elementary School Students in 3T Regions (Frontier, Outermost, and Least Developed Regions). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 817. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6239

Dwi Hastuti Listiyani. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Kelas VIII dengan Strategi Gallery Walk dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Tepus. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 24–30. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.722

Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analysis of Student Collaboration Skills in Biology Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89

Hairida, H., Marmawi, M., & Kartono, K. (2021). An Analysis of Students’ Collaboration Skills in Science Learning Through Inquiry and Project-Based Learning. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(2), 219–228. https://doi.org/10.24042/tadris.v6i2.9320

Karyatin, K. (2017). Penerapan Modified Problem Based Learning (Pbl) Dengan Gallery Walk (Gw) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Peta Pikiran Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 42. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n2.p42-51

Khasanah, K. (2019). Peta Konsep sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 3(2), 152–164. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8

Makmun, M., Yin, K. Y., & Zakariya, Z. (2020). The Gallery Walk Teaching and Learning and Its Potential Impact on Students’ Interest and Performance. International Business Education Journal, 13(1), 17–22. https://doi.org/10.37134/ibej.vol13.1.2.2020

Mansur, N. R., Ratnasari, J., & Ramdhan, B. (2022). Model STEAM Terhadap Kemampuan Kolaborasi dan Kreativitas Peserta Didik. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 08, 183–196.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 3.

Novinta Sari, R. (2023). Lambda: Jurnal Pendidikan MIPA dan Aplikasinya Lembaga “Bale Literasi” Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Tata Surya. Lambda Journal, Lembaga "Bale Literasi, 3(1), 22–28. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/indexDOI:https://doi.org/10.58218/lambda.v3i1.550

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Pahleviannur, R. S. M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian: Vol. VI (Issue 1).

Prastiyo, S., Ulfah, M., Mulyaningrum, R., & Rianto, S. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Journal on Education, 06(01), 5982–5992.

Sahil, J., Hasan, S., Haerullah, A., & Saibi, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri Kota Ternate. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(7 No 1). https://doi.org/10.23969/biosfer.v7i1.5430

Setiawan, W., & Nuraisah, H. (2018). Galery Walk Dalam Aktivitas Belajar: Penelitian Tindakan Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 48–58. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i1.2331

Sumarni, W., Wardani, S., Sudarmin, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project based learning (PBL) to improve psychomotoric skills: A classroom action research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402

Wahyuni, I. P., Saputra, A., & Harlita, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Oral Communication Peserta Didik Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Paper presented at Sebelas Maret University, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 10-11 November (pp. 95-100). Proceeding Biology Education Conference.

Wulandari, A., Wibowo, D. E., & Arifin, M. (2022).Prastiyo, S., Ulfah, M., Mulyaningrum, R., & Rianto, S. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernafasan Manusia. Journal on Education, 06(01), 5982–5992.

Pergeseran Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning. PEGAS (Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56721/pegas.v1i1.78

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Zalsabilla, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Kolaborasi Peserta Didik pada Materi Jaringan dengan Metode Gallery Walk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3858–3867. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5720

Issue

Section

Prosiding 2023