168. Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Aktivitas Belajar Sistem Imun melalui Model Project Based Learning dengan Metode Gallery Walk pada Peserta didik Kelas XI.

Authors

  • Laut Padi Sih Sesami Universitas PGRI Semarang
  • Maria Ulfah Universitas PGRI Semarang
  • Evi Nurhayati SMA Negeri 6 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Aktivitas Belajar, Sistem Imun, Project Based Learning, Gallery Walk

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning dengan metode Gallery Walk sesuai dengan prinsip pendekatan saintifik yang merupakan pembelajaran yang disarankan dalam kurikulum 2023 dan dapat mewadahi energi peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar sistem imun melalui model Project Based Learning dengan metode Gallery Walk pada peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik melalui observasi dan tes evaluasi. Teknik analsisi data menggunakan Teknik deskriptif komparatif dilanjut dengan refleksi pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif  yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang mencapai KKM dari pra-tindakan sampai siklus 2. Ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 0%, siklus ke 1 61%, dan siklus 2 80%. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik juga menunjukkan adanya peningatan dari yang tadinya pra-tindakan tidak ada aspek mencapai indikator berhasil meningkat hingga siklus 2 seluruh aspek aktivitas belajar lebih dari sama dengan 75% yang menunjukkan tercapainya indikator pencapaian. Penelitian tindakan kelas melalui model Project Based Learning dengan metode Gallery Walk berhasil meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar peserta didik XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sesami, L. P. S., Ulfah, M., & Nurhayati, E. (2023). 168. Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Aktivitas Belajar Sistem Imun melalui Model Project Based Learning dengan Metode Gallery Walk pada Peserta didik Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1526–1534. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4141

Issue

Section

Prosiding 2023