Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Modifikasi Teams Games Turnament Dengan KAHOOT
Keywords:
classroom action research, student activity, mathematics learning outcomes, Problem-Based Learning, Teams Games Tournament, KahootAbstract
Keaktifan dan hasil belajar peserta didik merupakan dua hal yang saling mendukung serta berimplikasi satu sama lain dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk meningkat keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning modifikasi Teams Games Tournament dengan Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-5 SMA N 11 Semarang yang berjumlah 36. metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan tes. Data keaktifan peserta didik dianalisis dengan dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan nilai keaktifan pada kondisi awal, setelah siklus satu, siklus dua dan setelah siklus tiga kemudian direfleksi. Hasil belajar peserta didik dianalisis dengan teknik kuantitatif yaitu dengan membandingkan persentase ketuntasan dan nilai rata-rata pada setiap siklus. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan keaktifan peserta didik yang prasiklus sebesar 57,3%, pada siklus I naik menjadi 66,7%, siklus II menjadi 76%, siklus III menjadi 85%. Terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar semula 50% menjadi 88,9%. Penelitian ini dinyatakan selesai pada siklus III karena telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% peserta didik aktif dan 80% memiliki hasil belajar yang tuntas dengan nilai KKM.
References
Aang, Abdulbari., Muhaemin, Himni. (2020). Peningkatan Hasil Belajar matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning., PRISMA Universitas Suryakancana, 9(2): 213-220
Ahmad, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(23), 274–283
Az-zahra, F. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning pada Materi Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1496–1505. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5286
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Jurnal Kehumasan, 3 (1), 43–50
Dahlia, M. F. S., & Putra, E. D. (2021).Peran Guru Dalam Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 577–590. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1038
Kase, E.B.S. (2024). Implementasi Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pengajaran Guru Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 3
Marlinda, S. (2023). Analisis Pengaruh Kemajuan Suistainable Development Goals (SDGs) terhadap Pembangunan Pendidikan Karakter: Suatu Kajian dalam Konteks Perubahan Sosial Global. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 6. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.167
Parhusip, G. D., Kristanto, Y. D., & Partini. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ). 11(2), 293–306.https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13816
Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1),138–148
Rusyanto. (2021). TGT (Teams Game Tournament) dalam Pembelajaran IPS. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=muBDEAAAQBAJ
Susilowati, A. T., dan Winanto, A. (2022). Meta Analisis Komparasi Model Discovery Learning dengan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar, Jurnal BASICEDU, 6(5): 7716-7723.
Widana, I. W., Sumandya, I. W., Sukendra, K., & Sudiarsa, I. W. (2020). Analysis of Conceptual Understanding, Digital Literacy, Motivation, Divergent of Thinking, and Creativity on the Teachers Skills in Preparing Hots-based Assessments. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(8), 459–466. https://doi.org/10.5373/jardcs/v12i8 /20202612
Zein, M. (2016) “Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran”, Inspiratif Pendidikan, 5(2), pp. 274-285. doi: 10.24252/ip.v5i2.3480.
Zein, L. R., Dewantari, N., & Rahayu, R. (2024). INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Teka Teki Silang terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. 13(1). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.79066
.