Upaya Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dengan Menggunakan Pembelajaran Game Based Learning Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas XI PPLG 1 SMK Negeri 2 Semarang
Keywords:
layanan bimbingan klsikal, Metode Game Based Learning, Keterampilan kolaborasiAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang belum memiliki keterampilan kolaborasi yang baik dimana pada kelas XI PPLG 1 terdapat peserta didik yang rata-rata memiliki keterampilan kolaborasi yang rendah terlihat dari peserta didik yang tidak suka berbaur dengan teman satu kelas, suka mengerjakan tugas sendiri, kurang bisa beradapasi dengan teman satu kelompok. Dari permasalahan tersebut selanjutnya peneliti melakukan tindakan berupa pemberian layanan bimbingan klasikal dengan metode game based learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan metode game based learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI PPLG 1 yang berjumlah 36 siswa yang belum memiliki keterampilan kolaborasi yang baik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh peningkatan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 0%, siklus I 34%, siklus II 62%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan metode game based learning dalam upaya meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI PPLG 1 SMK N 2 Semarang terdapat adanya peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik.
References
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.
Hariyadi, dkk. 2022. Game Based Learning dalam Aplikasi Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 07. No. 01.
Hidayat, R. 2018. Game Based Learning : Academic Games Sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Bulein Psikologi. Vol 26. No. 2 71-85.
Samosir, A. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Game based Learning terhadap keterampilan berkolaborasi Siswa di Kelas IV SD N 015900 Tinggi Raja Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 1 Nomor 2.