Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Berbantu Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan TaRL

Authors

  • Elifatul Asif Khoirun Nisak Universitas PGRI Semarang
  • Risky Esti Utami Universitas PGRI Semarang
  • Ami Aryani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan komunikasi matematis, problem based learning, pendekatan TaRL

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah supaya siswa memiliki kemampuan mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Keterampilan ini sangat penting di era revolusi industri 4.0, termasuk dalam bidang matematika. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) melalui pendekatan TaRL. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, dengan instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI E2 di SMA Negeri 11 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari 47,7% pada pra-siklus menjadi 61,4% pada siklus 1 dan 85,3% pada siklus 2. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

References

Aminah, Siti., W, TT., & Yuspriyati, P., (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 1, No. 1, Mei 2018, pp. 15-22. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/29

Andini, D, Mulyani. N., & Wijaya, TT. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra. Jurnal Derivat Volume 5 No. 1 Juli 2018 (ISSN: 2407 - 3792). https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/150

Tansil, Hest & Harefa, Darmawan. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. P-ISSN 2407-8018 E-ISSN 2721-7310 DOI prefix 10.37905 Volume 07 (02) Mei 2021. http://ejurnal.pps.ung.acid/index.php/Aksara

Hodiyanto, (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. JIPM Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/1963

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (1), 183-196. https:// journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus

Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto B. (2019). Implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri Siswa kelas X SMA Negeri 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 410-415. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Listyaningsih, Erna., NN., & Yuliasih, IB. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tarl Model PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 1, Nomor 6, Juli 2023 E-ISSN: 2986-6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah model problem based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. 4(1).

Niasih, N., Romlah, S., & Zhanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.107

Putra, M., Bina, U., & Getsempena, B. (2023). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas x melalui strategi pembelajaran konflik kognitif di sma inshafuddin banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 71–85.

Rahmalia, Rianti, H., & Ansari, BI. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Numeracy Volume 7, Nomor 1, April 2020. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/1038

Safitri, A., Wahyuni, R., & Husnidar, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 44–49. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.675

Sari, A., Ramlawati, & Martiningsih. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/1207

Siregar, NF. (2018). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma Vol. 06, No.02 Desember 2018. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/LGR/article/view/1275

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita, Y, S. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing)

Zakeus, S. (2022). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Journal of Comprehensive Science, 1(4), 482–503. https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/77/82https://jcs.greenpublis her.id/index.php/jcs/article/view/77/82

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Khoirun Nisak, E. A., Utami, R. E., & Aryani, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI Berbantu Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan TaRL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 40–47. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5854

Issue

Section

Matematika