Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model PBL Dengan Pendekatan Tarl Kelas XI Pada Materi Matriks
Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, PBL, TaRLAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 11 SMA Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus 2, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 75% peserta didik mencapai 75 dan rata-rata kelas mencapai 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan representasi matematis peserta didik pada setiap akhir siklus. Pada tahap pra siklus, hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik yaitu rata-rata kelas 37,94 dengan representasi matematis pada siklus I menunjukkan rata-rata sebesar 60,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 30,6%. Kemampuan representasi matematis pada siklus II menunjukkan rata-rata 78,14 dengan persentasi ketuntasan klasikal 77,78%. Penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik.
References
Ainia, Dela Khoirul. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3):95–101. doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525. → Jurnal
Anjani, Susilaningtyas, and Mahmudah. 2023. “Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Animaker Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Statistika.” SIGMA. → Jurnal
As’ad, Sulistyarsi, and Sukirmawati. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA.” EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies 4(1). → Jurnal
Goldin. 2002. Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. Mahwah NJ: Laurence Erlbaum. → Buku Online
Hernadi, J. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Matematika Kelas Remidi Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Kategori Laggard.” Prosiding Seminar Nasional Program Magister Pendidikan Matematika UMM. → Artikel Prosiding Seminar Nasional
Isti’anah, and Setiadi. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-4 Di SMA Negeri 74 Jakarta.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2). → Jurnal
Lindquist, and Gates. 2020. “National Council of Teachers of Mathematics.” Teaching Children Mathematics. → Jurnal
Martatiyana, Diana Rossa, Aprianti Derlis, Hasna Wulan Aviarizki, Rizky Roland Jurdil, Triasari Andayani, and Otib Satibi Hidayat. 2023. “Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 9(1):96. doi: 10.31602/muallimuna.v9i1.11600. → Jurnal
Maulidia, Lisa, Tia Nafaridah, Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, and Eva Maya Sari. 2023. “Analisis Keterampilan Abad Ke 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 2 Banjarmasin.” SeminarNasional (PROSPEK II) 127–33. → Artikel Seminar Nasional
Meria, Dorit, and Miriam Amit. 2004. “Students Preference of Non- Algebraic Representations in Mathematical Communication.” Proceedings of the 28 Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. → Artikel Prosiding Seminar Internasional
Nurulaeni, Fitria, and Aulia Rahma. 2022. “Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika.” Jurnal Pacu Pendidikan Dasar 2(1):35–45. → Jurnal
Pitadjeng. 2005. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Semarang: Depdiknas Dirjen Dikti. → Buku Online
Syamsinar, Syamsinar, Gusnia K, Asmawati Asmawati, and Andi Kamal Ahmad. 2023. “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.” Al-Irsyad Journal of Mathematics Education 2(2):91–102. doi: 10.58917/ijme.v2i2.71. → Jurnal
Tandililing. 2011. Peningkatan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Strategi PQ4R Dan Bacaan Refutation Text. → Disertasi
Turhusna, Dalila, and Saomi Solatun. 2020. “Perbedaan Individu Dalam Proses Pembelajaran.” As-Sabiqun Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2(1):18–42. doi: 10.36088/assabiqun.v2i1.613. → Jurnal
Walle, John A. Van de. 2010. Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally Seventh Edition. Pearson. Boston. → Buku Online
Zubaidah, S. 2020. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran Online.” Seminar Nasional Pendidikan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat (2):1–17. → Artikel Seminar Nasional