89. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Melalui Implementasi Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra
Keywords:
problem based learning, kemampuan pemacahan masalah, peneitian tindakan kelasAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA melalui implementasi problem based learning berbantuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas X pada salah satu SMA di Kota Semarang tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tahap prasiklus, siklus 1 dan siklus 2, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 75% siswa mencapai 75 dan rata-rata kelas mencapai 75. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan GeoGebra meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap akhir siklus. Pada tahap prasiklus, capaian hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 44,4 % mencapai KKM dan rata-rata kelas 66. Setelah dilakukan pembelajaran dengan problem based learning berbantuan Geogebra, capaian hasil tes kemampuan pemecahan masalah di akhir siklus I yaitu 69,4% dengan rata-rata kelas 77 dan dilanjutkan pada siklus II dengan capaian rata-rata kemampuan pemecahan masalah 77,8% dengan rata-rata kelas 82. Pada penelitan ini disimpulkan bahwa penerapan problem based learning berbantuan GeoGebra mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.