Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kosis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Gayamsari 02
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kosis, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Baes Learning dengan berbantuan media kosis. Subjek penelitian ini dilakukan di kelas VA SDN Gayamsari 02, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VA SDN Gayamsari berjumlah 30 siswa sebagai penerima tindakan yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda yang dilakukan di kelas pada akhir siklus. Pada penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.C taggart dengan empat tahapan pelaksanaan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaaan (3) pengamatan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Leraning berbantuan media kosis (pra siklus), hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN Gayamsari 02 masih tergolong rendah rendah yaitu dengan ketuntasan klasikal sebesar 20%, 24 siswa belum mencapai KKTP dan 6 siswa sudah memenuhi KKTP. Pada siklus I menunjukkan 20 siswa sudah memenuhi KKTP dan 10 siswa belum memenuhi KKTp dengan klasikal kentuntasan belajar sebesar 67% meskipun hasil belajar terjadi peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media kosis hasilnya belum memenuhi indikator keberhasilan. Pada siklus II menujukkan 27 siswa memenuhi KKTP dan 3 siswa belum memenuhi KKTP dengan ketuntasan klasikal 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media kosis siswa kelas VA SDN Gayamsari 02, yang awalnya pra siklus dengan hasil belajar rendah ketuntasan klasikal 20% pada akhir siklus II peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Model Problem Based Learning berbantuan media kosis mendorong keterlibatan siswa berinteraksi serta mampu memecahkan masalah sehingga dapat pemahaman IPAS materi ekosistem.
References
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Suptoro, Al. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3 No.3, hlm. 919-927.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12 (1), 61-69.
Kurniawati, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas 5 SDN Ngampon (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Faizah, Silviana Nur. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287.
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 86-93.
Haryono dan Sumaryono. Belajar dan Pembelajaran. (2014). Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Meimulyani, Yani, & Caryoto. (2013). Media Pembelajaran Adaptif. Luxima metro media.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Penndidikan. Jakarta: Prenada Media.
Miftah. (2015). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampaun Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan 2(1), 23-3.
Pratiwi, Dewi Indah. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran IPA SDN 66 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri.
Reza, Y., & Suhandi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17-24.
Setianingsih, E. S., & Rahmat, R. (2017). Diklat Strategi Belajar Mengajar. Semarang: PGSD FIP UPGRIS.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, CV.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Junral Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555