Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Pembagian melalui Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Congklak

Authors

  • Nur Himatul Munawaroh , Aries Tika Damayani, Diyah Rahayu Tunjungsari,Sulastri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Congklak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan
pembelajaran matematika materi pembagian dengan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dengan bantuan media congklak pada siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 01
Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sesuai desain Kemmis dan M.C
Taggart yang memiliki empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN
Pandeanlamper 01 Semarang yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dengan bantuan media congklak, hasil belajar matematika materi pembagian siswa kelas IVA
SDN Pandeanlamper 01 Semarang masih rendah. Hanya 40.74% siswa yang mencapai ketuntasan
belajar di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sementara 59.26% siswa masih
dibawah (KKTP). Pada siklus 1 meskipun terjadi peningkatan hasil belajar setelah penerapan model
pembelajaran PBL dengan bantuan media congklak, hasilnya masih belum mencapai tingkat yang
memadai. Hanya 66.67% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, semenatara 33.33% siswa masih
dibawah KKTP. Pada Siklus II setelah penerapan PBL dengan menggunakan media congklak terjadi
peningkatan dalam hasil belajar siswa. Sebanyak 85.19% siswa mencapai ketuntasan belajar, sementara
hanya 14.81% siswa yang masih bawah KKTP. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar
matematika materi pembagian menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
bantuan media congklak pada siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 01 semester I tahun pelajaran
2023/2024 dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa
kelas IVA pada Pra siklus sebesar 59,25 dan pada siklus 1 menjadi 72,96 dan pada siklus II menjadi
82,22. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
bantuan media congklak pada siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 01 Semarang dapat meningkatkan
hasil belajar kognitif.

References

Anitasari, S., & Hadi, F. R. (2023).

Peningkatan Hasil Belajar

Menggunakan Model PBL

Berbantuan Media Konkret

Matematika Kelas IV SDN 1 Sukorejo.

Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 8(2), 2218-2235. Retrieved

from

https://www.journal.unpas.ac.id/in

dex.php/pendas/article/view/9642

Arfani, L. (2018). Mengurai hakikat

pendidikan, belajar dan

pembelajaran. Pelita Bangsa

Pelestari Pancasila, 11(2). Retrieved

from

https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/ind

ex.php/jpb/article/view/5160

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020).

Strategi Pembelajaran Matematika

Berdasarkan Karakteristik Siswa

Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8.

Retrieved from

https://core.ac.uk/download/pdf/3

pdf

Batubara, H. H. (2015). Pengembangan

media pembelajaran interaktif pada

materi operasi bilangan bulat.

Muallimuna: Jurnal Madrasah

Ibtidaiyah, 1(1), 1-12. Retrieved from

https://ojs.uniska-

bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallim

una/article/view/271

Dewi, P. C. (2019). Penggunaan Media

Permainan Congklak Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Tentang Konsep

Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30

Rejang Lebong (Doctoral

dissertation, IAIN Curup). Retrieved

from https://mercusuar.uzone.id/

Halimah, N., & Sumardjono. (2017).

Perbedaan Pengaruh Model Student

Teams Achievement Division (Stad)

dan Numbered Heads Together

(NHT) terhadap Hasil Belajar.

Matematika Siswa Kelas V

SD. Jurnal Pendidikan. Retrieved

from

https://ejournal.uksw.edu/scholaria

/article/view/921

Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M.,

Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F.

(2022). Training Motivasi Belajar

Matematika Berbasis Thinking

Smart Game Pada Siswa Mi Multiple

Sarina. Journal of Community

Empowerment and Innovation, 1(2),

-68. Retrieved from

https://www.journalstkippgrisitubo

ndo.ac.id/index.php/join/article/vie

w/557

http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/arti

cle_3887.html siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.

Retrieved from

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.p

hp/pgsdkebumen/article/view/1015

Junaidi, J., Zalisman, Z., Yusri, Y., Amin,

K., & Wismanto, W. (2023).

Pengembangan Manajemen Sumber

Daya Manusia Pada Lembaga

Pendidikan Islam. Journal On

Education, 5(3), 10040-10052.

Retrieved from

https://jonedu.org/index.php/joe/a

rticle/view/1887

Jurinih, J., Suryana, Y., & Ganda, N.

(2022). Penggunaan Media

Congklak Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Peserta Didik Pada

Materi Pembagian Bilangan Cacah di

SD. COLLASE (Creative of Learning

Students Elementary Education),

(6), 1056-1061. Retrieved from

http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/in

dex.php/collase/article/view/12267

Lestari, S. (2021). Pembelajaran daring

pada mata pelajaran matematika

sekolah dasar. JMIE (Journal of

Madrasah Ibtidaiyah Education),

(1), 141. Retrieved from https://e-

journal.adpgmiindonesia.com/index

.php/jmie/article/view/226

Lestariningrum, A., & Handini, M. C.

(2017). Analisis Pengembangan

Kecerdasan Logis Matematis Anak

Usia 5-6 Tahun Menggunakan

Permainan Tradisional. Jurnal

pendidikan usia dini, 11(2), 215-225.

Retrieved from

https://garuda.kemdikbud.go.id/do

cuments/detail/1805038

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.

(2019, October). Problem based

learning (PBL) untuk meningkatkan

keterampilan berpikir kritis. In

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).

Retrieved from

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.p

hp/wacanaakademika/article/view/

Mutiani, R., & Suyadi, S. (2020). Diagnosa

diskalkulia generasi alpha: Masalah

dan perkembangannya. Edumaspul:

Jurnal Pendidikan, 4(1), 104-112.

Retrieved from https://ummaspul.e-

journal.id/maspuljr/article/view/27

Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan

Kemampuan Literasi dan Numerasi

Melalui Model Pembelajaran.

Hexagon: Jurnal Ilmu dan

Pendidikan Matematika, 19-29.

Retrieved from

http://jurnal.ut.ac.id/index.php/he

xagon_jipm/article/view/4924

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2020).

Number sense siswa pada materi

bilangan. Prosiding Sesiomadika,

(1e). Retrieved from

https://journal.unsika.ac.id/index.p

hp/sesiomadika/article/view/2949

Nurkhotimah, S., Joharman, & Suripto.

(2017). Penerapan Model Problem

Based Learning (PBL) dengan

Media Konkret untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika tentang

Operasi Hitung Pecahan pada Siswa

Kelas V. SDN 1 Kuwayuhan Tahun

Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia,

(3.1), 256–260. Retrieved from

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.p

hp/pgsdkebumen/article/view/1015

Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan.

Al-Afkar: Jurnal keislaman dan

peradaban, 5(1).

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi

Etnomatematika pada Candi

Cangkuang Leles Garut Jawa Barat.

Plusminus: Jurnal Pendidikan

Matematika, 1(2), 327-338.

Retrieved from

https://journal.institutpendidikan.a

c.id/index.php/plusminus/article/vi

ew/pv1n2_11

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019).

Peranan model Problem Based

Learning (PBL) terhadap

kemampuan pemecahan masalah

matematis dan kemandirian belajar

siswa. JURING (Journal for

Research in Mathematics Learning),

(1), 049-057. Retrieved from

https://ejournal.uin-

suska.ac.id/index.php/juring/article

/view/5360

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E.

(2023). Analisis Kesulitan Belajar

Matematika Pada Siswa Sekolah

Dasar dan Alternatif Pemecahannya.

Jurnal Pendidikan Dasar

Flobamorata, 4(1), 481-488.

Retrieved from https://e-

journal.unmuhkupang.ac.id/index.p

hp/jpdf/article/view/588

Setyosari, P. (2017). Menciptakan

pembelajaran yang efektif dan

berkualitas. Jurnal Inovasi Dan

Teknologi Pembelajaran (JINOTEP):

Kajian Dan Riset Dalam Teknologi

Pembelajaran, 1(1), 20

-30. Retrieved

from

http://journal2.um.ac.id/index.php

/jinotep/article/view/2103

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada

pelajaran matematika: studi

pendahuluan pada siswa yang

menyenangi game. Prosiding Temu

Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi

Perkembangan Indonesia. Retrieved

from

https://jurnal.unissula.ac.id/index.

php/ippi/article/view/2193

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Alfabeta, CV. Retrieved from

https://digilib.unigres.ac.id/index.p

hp?p=show_detail&id=43

Suryadi, S., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K.

(2023). Peningkatan Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa Melalui Model

Problem Based Learning

Menggunakan Media

Congklak. Jurnal Pendidikan Dasar,

(01), 67

-74. Retrieved from

https://journal.unj.ac.id/unj/index.

php/jpd/article/view/36346

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran

Matematika dengan Pendekatan

Problem Based Learning dalam

Implementasi Kurikulum 2013.

Jurnal Pengembangan Pembelajaran

Matematika, 1(2), 69

-87. Retrieved

from https://ejournal.uin

-

suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/vi

ew/012

-02

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021).

Efektivitas model Problem Based

Learning terhadap kemampuan

pemecahan masalah matematika.

Retrieved from

https://jbasic.org/index.php/basice

du/article/view/896

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A.

(2016, September). Transformasi

pendidikan abad 21 sebagai tuntutan

pengembangan sumber daya

manusia di era global. In Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan

Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263

-

. Retrieved from

https://core.ac.uk/download/pdf/2

pdf

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Himatul Munawaroh, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Pembagian melalui Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Congklak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2634–2643. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5421

Issue

Section

Prosiding 2023