Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Pembagian melalui Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Congklak
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, CongklakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan
pembelajaran matematika materi pembagian dengan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) dengan bantuan media congklak pada siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 01
Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sesuai desain Kemmis dan M.C
Taggart yang memiliki empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN
Pandeanlamper 01 Semarang yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa
perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) dengan bantuan media congklak, hasil belajar matematika materi pembagian siswa kelas IVA
SDN Pandeanlamper 01 Semarang masih rendah. Hanya 40.74% siswa yang mencapai ketuntasan
belajar di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sementara 59.26% siswa masih
dibawah (KKTP). Pada siklus 1 meskipun terjadi peningkatan hasil belajar setelah penerapan model
pembelajaran PBL dengan bantuan media congklak, hasilnya masih belum mencapai tingkat yang
memadai. Hanya 66.67% siswa yang mencapai ketuntasan belajar, semenatara 33.33% siswa masih
dibawah KKTP. Pada Siklus II setelah penerapan PBL dengan menggunakan media congklak terjadi
peningkatan dalam hasil belajar siswa. Sebanyak 85.19% siswa mencapai ketuntasan belajar, sementara
hanya 14.81% siswa yang masih bawah KKTP. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar
matematika materi pembagian menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan
bantuan media congklak pada siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 01 semester I tahun pelajaran
2023/2024 dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa
kelas IVA pada Pra siklus sebesar 59,25 dan pada siklus 1 menjadi 72,96 dan pada siklus II menjadi
82,22. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan
bantuan media congklak pada siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 01 Semarang dapat meningkatkan
hasil belajar kognitif.
References
Anitasari, S., & Hadi, F. R. (2023).
Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Model PBL
Berbantuan Media Konkret
Matematika Kelas IV SDN 1 Sukorejo.
Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 8(2), 2218-2235. Retrieved
from
https://www.journal.unpas.ac.id/in
dex.php/pendas/article/view/9642
Arfani, L. (2018). Mengurai hakikat
pendidikan, belajar dan
pembelajaran. Pelita Bangsa
Pelestari Pancasila, 11(2). Retrieved
from
https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/ind
ex.php/jpb/article/view/5160
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020).
Strategi Pembelajaran Matematika
Berdasarkan Karakteristik Siswa
Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8.
Retrieved from
https://core.ac.uk/download/pdf/3
Batubara, H. H. (2015). Pengembangan
media pembelajaran interaktif pada
materi operasi bilangan bulat.
Muallimuna: Jurnal Madrasah
Ibtidaiyah, 1(1), 1-12. Retrieved from
bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallim
una/article/view/271
Dewi, P. C. (2019). Penggunaan Media
Permainan Congklak Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Tentang Konsep
Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30
Rejang Lebong (Doctoral
dissertation, IAIN Curup). Retrieved
from https://mercusuar.uzone.id/
Halimah, N., & Sumardjono. (2017).
Perbedaan Pengaruh Model Student
Teams Achievement Division (Stad)
dan Numbered Heads Together
(NHT) terhadap Hasil Belajar.
Matematika Siswa Kelas V
SD. Jurnal Pendidikan. Retrieved
from
https://ejournal.uksw.edu/scholaria
/article/view/921
Hasanah, N., Ambarsari, I. F., Surur, M.,
Darmawati, L. E. S., & Rakhman, F.
(2022). Training Motivasi Belajar
Matematika Berbasis Thinking
Smart Game Pada Siswa Mi Multiple
Sarina. Journal of Community
Empowerment and Innovation, 1(2),
-68. Retrieved from
https://www.journalstkippgrisitubo
ndo.ac.id/index.php/join/article/vie
w/557
http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/arti
cle_3887.html siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.
Retrieved from
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.p
hp/pgsdkebumen/article/view/1015
Junaidi, J., Zalisman, Z., Yusri, Y., Amin,
K., & Wismanto, W. (2023).
Pengembangan Manajemen Sumber
Daya Manusia Pada Lembaga
Pendidikan Islam. Journal On
Education, 5(3), 10040-10052.
Retrieved from
https://jonedu.org/index.php/joe/a
rticle/view/1887
Jurinih, J., Suryana, Y., & Ganda, N.
(2022). Penggunaan Media
Congklak Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Pada
Materi Pembagian Bilangan Cacah di
SD. COLLASE (Creative of Learning
Students Elementary Education),
(6), 1056-1061. Retrieved from
http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/in
dex.php/collase/article/view/12267
Lestari, S. (2021). Pembelajaran daring
pada mata pelajaran matematika
sekolah dasar. JMIE (Journal of
Madrasah Ibtidaiyah Education),
(1), 141. Retrieved from https://e-
journal.adpgmiindonesia.com/index
.php/jmie/article/view/226
Lestariningrum, A., & Handini, M. C.
(2017). Analisis Pengembangan
Kecerdasan Logis Matematis Anak
Usia 5-6 Tahun Menggunakan
Permainan Tradisional. Jurnal
pendidikan usia dini, 11(2), 215-225.
Retrieved from
https://garuda.kemdikbud.go.id/do
cuments/detail/1805038
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.
(2019, October). Problem based
learning (PBL) untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis. In
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Retrieved from
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.p
hp/wacanaakademika/article/view/
Mutiani, R., & Suyadi, S. (2020). Diagnosa
diskalkulia generasi alpha: Masalah
dan perkembangannya. Edumaspul:
Jurnal Pendidikan, 4(1), 104-112.
Retrieved from https://ummaspul.e-
journal.id/maspuljr/article/view/27
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan
Kemampuan Literasi dan Numerasi
Melalui Model Pembelajaran.
Hexagon: Jurnal Ilmu dan
Pendidikan Matematika, 19-29.
Retrieved from
http://jurnal.ut.ac.id/index.php/he
xagon_jipm/article/view/4924
Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2020).
Number sense siswa pada materi
bilangan. Prosiding Sesiomadika,
(1e). Retrieved from
https://journal.unsika.ac.id/index.p
hp/sesiomadika/article/view/2949
Nurkhotimah, S., Joharman, & Suripto.
(2017). Penerapan Model Problem
Based Learning (PBL) dengan
Media Konkret untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika tentang
Operasi Hitung Pecahan pada Siswa
Kelas V. SDN 1 Kuwayuhan Tahun
Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia,
(3.1), 256–260. Retrieved from
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.p
hp/pgsdkebumen/article/view/1015
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan.
Al-Afkar: Jurnal keislaman dan
peradaban, 5(1).
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi
Etnomatematika pada Candi
Cangkuang Leles Garut Jawa Barat.
Plusminus: Jurnal Pendidikan
Matematika, 1(2), 327-338.
Retrieved from
https://journal.institutpendidikan.a
c.id/index.php/plusminus/article/vi
ew/pv1n2_11
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019).
Peranan model Problem Based
Learning (PBL) terhadap
kemampuan pemecahan masalah
matematis dan kemandirian belajar
siswa. JURING (Journal for
Research in Mathematics Learning),
(1), 049-057. Retrieved from
suska.ac.id/index.php/juring/article
/view/5360
Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E.
(2023). Analisis Kesulitan Belajar
Matematika Pada Siswa Sekolah
Dasar dan Alternatif Pemecahannya.
Jurnal Pendidikan Dasar
Flobamorata, 4(1), 481-488.
Retrieved from https://e-
journal.unmuhkupang.ac.id/index.p
hp/jpdf/article/view/588
Setyosari, P. (2017). Menciptakan
pembelajaran yang efektif dan
berkualitas. Jurnal Inovasi Dan
Teknologi Pembelajaran (JINOTEP):
Kajian Dan Riset Dalam Teknologi
Pembelajaran, 1(1), 20
-30. Retrieved
from
http://journal2.um.ac.id/index.php
/jinotep/article/view/2103
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada
pelajaran matematika: studi
pendahuluan pada siswa yang
menyenangi game. Prosiding Temu
Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi
Perkembangan Indonesia. Retrieved
from
https://jurnal.unissula.ac.id/index.
php/ippi/article/view/2193
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Alfabeta, CV. Retrieved from
https://digilib.unigres.ac.id/index.p
hp?p=show_detail&id=43
Suryadi, S., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K.
(2023). Peningkatan Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa Melalui Model
Problem Based Learning
Menggunakan Media
Congklak. Jurnal Pendidikan Dasar,
(01), 67
-74. Retrieved from
https://journal.unj.ac.id/unj/index.
php/jpd/article/view/36346
Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran
Matematika dengan Pendekatan
Problem Based Learning dalam
Implementasi Kurikulum 2013.
Jurnal Pengembangan Pembelajaran
Matematika, 1(2), 69
-87. Retrieved
from https://ejournal.uin
-
suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/vi
ew/012
-02
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021).
Efektivitas model Problem Based
Learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika.
Retrieved from
https://jbasic.org/index.php/basice
du/article/view/896
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A.
(2016, September). Transformasi
pendidikan abad 21 sebagai tuntutan
pengembangan sumber daya
manusia di era global. In Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan
Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263
-
. Retrieved from
https://core.ac.uk/download/pdf/2