219. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD 1 Peganjaran

Authors

  • Muslifah Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Sujinah SD 1 Peganjaran

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan kegiatan belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Based Learning menjadikan peserta didik aktif dalam mengembangkan pengetahuan baru, berpikir kritis dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Berbantuan media konkret pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran matematika materi konsep pecahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar  melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan pelajaran matematika dengan berbantuan media konkret pada peserta didik kelas II SD 1 Peganjaran tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research) Pengambilan  data  dilakukan  dengan postest  hasil  belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret menunjukkan siklus I mencapai ketuntasan 53%, siklus II mencapai 65% dan siklus III mencapai 82%.Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh pada hasil belajar Matematika  kelas II SD 1 Peganjaran.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Handayani, M., Kusumaningsih, W., & Sujinah. (2023). 219. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD 1 Peganjaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1957–1967. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4248

Issue

Section

Prosiding 2023