Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Explosion Box Pada Peserta Didik Kelas II C SDN Bugangan 03 Semarang

Authors

  • Denissa Febriyanti W Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Explosion Box

Abstract

Konteks pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas II C yang cenderung masih rendah.
Hal tersebut dkarenakan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dan guru
belum menggunakan model serta media pembelajaran yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatan hasil belajar peserta didik di kelas II C SDN Bugangan 03 dalam pembelajaran
matematika melalui Problem Based Learning (PBL) berbantuan Explosion Box. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan peserta didik kelas II C SDN Bugangan 03 Semarang.
Jumlah peserta didik kelas II C sebanyak 26 peserta didik, yang terdiri atas 14 laki-laki dan 12
perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media
Explosion Box pada mata pelajaran matematika menjadikan hasil belajar peserta didik meningkat hal
tersebut ditunjukkan pada hasil penelitian yang menunjukka bahwa hasil belajar yang diperoleh peserta
didik meningkat pada setiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami
peningkatan sebesar 20%. Presentase hasil belajar peserta didik pada siklus III sebesar 88% dan
mengalami peningkatan sebesar 26% dari siklus II.

References

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, N. P. (2013). Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Berbantuan Media

Video Terhadap Hasil Belajar IPA

Kelas IV SD Negeri Pergung.

Singaraja : Universitas Pendidikan

Ganesha.

Inayati, U. (2022). Konsep dan

Implementasi Kurikulum Merdeka

pada Pembelajaran Abad 21 di

SD/MI. International Conference

on Islamic Education (pp. 293-

. Kudus: 2st ICIE.

Keputusan Mendikbudristek RI

No.262/M/2022 tentang

Perubahan atas Keputusan

Mendikbud RI No.56/M/2022

tentang Pedoman Penerapan

Kurikulum dalam Rangka . (n.d.).

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter

: konsepsi & implementasi secara

terpadu di lingkungan keluarga,

sekolah, perguruan tinggi, dan

masyarakat. Yogyakarta : Ar-Ruzz

Media.

Lestari, Y. P. (2018). PENERAPAN

PBL(PROBLEM BASED

LEARNING) BERBANTUAN

MEDIA PAPAN CATUR UNTUK

MENINGKATKAN HASIL

BELAJAR MATEMATIKA KELAS 4

SD. Jurnal Pendidikan Dasar

PerKhasa.

Mulyanti. (2022). Penerapan Model

Problem Based Learning

Berbantuan Media Konkret Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematika

Siswa Kelas V Sekolah Dasar .

Journal of Innovation in Primary

Education, 170-180.

Nurfadhillah, S. (2021). Penerapan Media

Visual Untuk Siswa Kelas V Di SDN

Muncul 1. EDISI, 225-242.

Pertiwi, N. L. (2018). Penerapan Model

Problem Based Learning

Berbantuan Media Interaktif Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa. Journal of

Education Action Research, 331-

Priyanti, N. M. (2023). PENERAPAN

MODEL PEMBELAJARAN

PROBLEM BASED LEARNING

BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE

. Jurnal Ilmiah Matematika

Realistik (JI-MR).

Rahmi, R. (2020). Inovasi pembelajaran di

masa pandemi covid-19. Jurnal

Pendidikan (The Educational

Journal), 111-123.

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis

(tinjauan melalui kemandirian

belajar, kemampuan akademik

dan efikasi diri). Adab.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika Kelas II

SDN Wonorejo 01. Glosains:

Jurnal Sains Global Indonesia, 49-

T., F. (2019). Pengembangan Media Smart

Exploding Box Berbasis Deep

Dialogue Critical Thinking Untuk

Menghadapi Era Revolusi Industri

0. Jurnal Pendidikan Dasar

Nusantara.

Trianto. (2007). Model-model

pembelajaran Inovatif

Berorientasi Konstruktivistik.

Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yuafian, R. (2020). MENINGKATKAN

HASIL BELAJAR SISWA

MENGGUNAKAN MODEL

PEMBELAJARAN PROBLEM

BASED LEARNING (PBL). Jurnal

Riset Pendidikan Dasar, 17-24.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Febriyanti W, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Explosion Box Pada Peserta Didik Kelas II C SDN Bugangan 03 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2491 – 2498. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5405

Issue

Section

Prosiding 2023