Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Explosion Box Pada Peserta Didik Kelas II C SDN Bugangan 03 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Explosion BoxAbstract
Konteks pada penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas II C yang cenderung masih rendah.
Hal tersebut dkarenakan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dan guru
belum menggunakan model serta media pembelajaran yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatan hasil belajar peserta didik di kelas II C SDN Bugangan 03 dalam pembelajaran
matematika melalui Problem Based Learning (PBL) berbantuan Explosion Box. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan peserta didik kelas II C SDN Bugangan 03 Semarang.
Jumlah peserta didik kelas II C sebanyak 26 peserta didik, yang terdiri atas 14 laki-laki dan 12
perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media
Explosion Box pada mata pelajaran matematika menjadikan hasil belajar peserta didik meningkat hal
tersebut ditunjukkan pada hasil penelitian yang menunjukka bahwa hasil belajar yang diperoleh peserta
didik meningkat pada setiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami
peningkatan sebesar 20%. Presentase hasil belajar peserta didik pada siklus III sebesar 88% dan
mengalami peningkatan sebesar 26% dari siklus II.
References
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, N. P. (2013). Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Berbantuan Media
Video Terhadap Hasil Belajar IPA
Kelas IV SD Negeri Pergung.
Singaraja : Universitas Pendidikan
Ganesha.
Inayati, U. (2022). Konsep dan
Implementasi Kurikulum Merdeka
pada Pembelajaran Abad 21 di
SD/MI. International Conference
on Islamic Education (pp. 293-
. Kudus: 2st ICIE.
Keputusan Mendikbudristek RI
No.262/M/2022 tentang
Perubahan atas Keputusan
Mendikbud RI No.56/M/2022
tentang Pedoman Penerapan
Kurikulum dalam Rangka . (n.d.).
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter
: konsepsi & implementasi secara
terpadu di lingkungan keluarga,
sekolah, perguruan tinggi, dan
masyarakat. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Media.
Lestari, Y. P. (2018). PENERAPAN
PBL(PROBLEM BASED
LEARNING) BERBANTUAN
MEDIA PAPAN CATUR UNTUK
MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA KELAS 4
SD. Jurnal Pendidikan Dasar
PerKhasa.
Mulyanti. (2022). Penerapan Model
Problem Based Learning
Berbantuan Media Konkret Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematika
Siswa Kelas V Sekolah Dasar .
Journal of Innovation in Primary
Education, 170-180.
Nurfadhillah, S. (2021). Penerapan Media
Visual Untuk Siswa Kelas V Di SDN
Muncul 1. EDISI, 225-242.
Pertiwi, N. L. (2018). Penerapan Model
Problem Based Learning
Berbantuan Media Interaktif Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa. Journal of
Education Action Research, 331-
Priyanti, N. M. (2023). PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING
BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE
. Jurnal Ilmiah Matematika
Realistik (JI-MR).
Rahmi, R. (2020). Inovasi pembelajaran di
masa pandemi covid-19. Jurnal
Pendidikan (The Educational
Journal), 111-123.
Suciono, W. (2021). Berpikir kritis
(tinjauan melalui kemandirian
belajar, kemampuan akademik
dan efikasi diri). Adab.
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Kelas II
SDN Wonorejo 01. Glosains:
Jurnal Sains Global Indonesia, 49-
T., F. (2019). Pengembangan Media Smart
Exploding Box Berbasis Deep
Dialogue Critical Thinking Untuk
Menghadapi Era Revolusi Industri
0. Jurnal Pendidikan Dasar
Nusantara.
Trianto. (2007). Model-model
pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yuafian, R. (2020). MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA
MENGGUNAKAN MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING (PBL). Jurnal
Riset Pendidikan Dasar, 17-24.