177. Peningkatan Hasil Belajar Melalui PBL Berbantu Papan Diagram pada Matematika Kelas V SD 1 Panjang

Authors

  • Maharani Dwi Ayuni
  • Dina Prasetyowati
  • Lasmini

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Media Papan Diagram, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Mc. Taggart berbentuk spiral yang memiliki empat tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini seperti observasi, test, dokumentasi serta catatan lapangan. Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan diantaranya yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), test, dokumentasi serta catatan kecil. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komporatif atau teknik analisis data dengan perbandingan antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Sedangkan indikator dalam penelitian ini dalah 80% ketuntasan dengan nilai KKM > 70. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Problem Based Learninig (PBL) berbantu media papan diagram dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini dapat dibuktikan dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut tidak hanya terjadi pada ranah kognitif melainkan pada kedua ranah lainnya yaitu afektif dan psikomotor.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ayuni, M. D. ., Prasetyowati, D. ., & Lasmini. (2023). 177. Peningkatan Hasil Belajar Melalui PBL Berbantu Papan Diagram pada Matematika Kelas V SD 1 Panjang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1598–1608. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4406

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)