KEEFEKTIVAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG

Authors

  • Eka Pujiastuti Eka Universitas PGRI Semarang

Keywords:

keterampilan berbicara;, media;, gambar seri.

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan hasil obesrvasi pada siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia, siswa kelas IV masih banyak yang malu jika diminta berbicara atau aktif berbicara dalam pembelajaran, padahal mereke memahaminya. Saat sesi tanya jawab, tidak ada keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan, hanya sedikit saja yang berani bertanya, kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian  tindakan  ini  dilaksanakan  dalam  dua  siklus  penelitian,  masing- masing  siklus  2  pertemuan.  Subjek  penelitian  ini  adalah  24  siswa  kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang.  Data  hasil  penelitian  diambil melalui observasi dan tes keterampilan bebicara pada kegiatan perbaikan pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 dengan berbantu media gambar seri. Simpulan penelitian ini adalah dengan  melakukan pembelajaran sesuai dengan tahapan model Problem Based learning berbantu media gambar seri,  siswa  telihat mampu meningkatkan sikap  antusias  dan  ketekunan dalam  proses  pembelajaran,  penuh semangat,  dan  turut  berpartisipasi  dalam setiap  langkah  pembelajaran  yang diterapkan  di  kelas. Sehingga keterampilan berbicara mereka meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belaar yang diperoleh rata ketuntasan minimul yaitu  pada siklus I 70% dan 95% pada siklus II. . Kemudian bagi peserta didik yang tidak mencapai ketuntasan minimum pun berkurang pada seiklus 1 pertemuan 1 hingga silus 2 pertemuan 2 yaitu 29, 17% menjadi 4, 17 %

 

 

 

References

Wihardit Kuswaya & Wardani IG.A.K (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang selatan: Universitas terbuka. → Buku

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

. → Buku

Septiani, Dede Tatang Sunarya & Julia (2017). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Mengomentari Persoalan Faktual. Jurnal Pena Ilmiah, Vi(2), No 1. →Jurnal

Heriawan, Darmajari, & Senjaya. (2012). Metodologi Pembelajaran. Banten: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru.

→ Dokumen Pemerintah

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasifwiraniaga dalam berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi.(Unpublishedmaster’s thesis)Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia. →Tesis

Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, II(1), 7–11. →Jurnal online

Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol 5). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.138 /→Website

Antari, N. M. W., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 174–182. →Jurnal online

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Eka, E. P. (2025). KEEFEKTIVAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 138–146. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6324

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar