KEEFEKTIVAN MEDIA GAMBAR SERI PADA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SDN GAYAMSARI 02 SEMARANG
Keywords:
keterampilan berbicara;, media;, gambar seri.Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan hasil obesrvasi pada siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia, siswa kelas IV masih banyak yang malu jika diminta berbicara atau aktif berbicara dalam pembelajaran, padahal mereke memahaminya. Saat sesi tanya jawab, tidak ada keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan, hanya sedikit saja yang berani bertanya, kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing- masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. Data hasil penelitian diambil melalui observasi dan tes keterampilan bebicara pada kegiatan perbaikan pembelajaran siklus 1 dan siklus 2 dengan berbantu media gambar seri. Simpulan penelitian ini adalah dengan melakukan pembelajaran sesuai dengan tahapan model Problem Based learning berbantu media gambar seri, siswa telihat mampu meningkatkan sikap antusias dan ketekunan dalam proses pembelajaran, penuh semangat, dan turut berpartisipasi dalam setiap langkah pembelajaran yang diterapkan di kelas. Sehingga keterampilan berbicara mereka meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belaar yang diperoleh rata ketuntasan minimul yaitu pada siklus I 70% dan 95% pada siklus II. . Kemudian bagi peserta didik yang tidak mencapai ketuntasan minimum pun berkurang pada seiklus 1 pertemuan 1 hingga silus 2 pertemuan 2 yaitu 29, 17% menjadi 4, 17 %
References
Wihardit Kuswaya & Wardani IG.A.K (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang selatan: Universitas terbuka. → Buku
Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
. → Buku
Septiani, Dede Tatang Sunarya & Julia (2017). Penerapan Model Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Mengomentari Persoalan Faktual. Jurnal Pena Ilmiah, Vi(2), No 1. →Jurnal
Heriawan, Darmajari, & Senjaya. (2012). Metodologi Pembelajaran. Banten: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru.
→ Dokumen Pemerintah
Makmara. T. (2009). Tuturan persuasifwiraniaga dalam berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi.(Unpublishedmaster’s thesis)Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia. →Tesis
Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, II(1), 7–11. →Jurnal online
Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol 5). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.138 /→Website
Antari, N. M. W., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 174–182. →Jurnal online