231. Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Muatan Tematik Melalui Model PBL Dengan Media Audiovisual Kelas VC SDN Sendangmulyo 02

Authors

  • Fidiana Astutik Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Yenny Rachmawati SDN Sendangmulyo 02 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Media audiovisual

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas V C SDN Sendangmulyo 02 adalah faktor utama yang mendorong dilakukannya penelitian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Dalam upaya  meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah  Problem Based Learning dengan media audiovisual. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan model pembelajaran dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model Problem Based Learning dengan media audiovisual. Hasil penelitian dengan model Problem Based Learning dengan media audiovisual menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik  yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus diketahui bahwa skor rata-rata peserta didik 2,002 dengan prosentase 50,05%. Kemudian Pada siklus I, skor rata-rata meningkat lagi menjadi 2,41 dengan prosentase  meningkat menjadi 60,35%. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat lagi menjadi 3,2 dan prosentase menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada tema benda-benda di sekitar kita.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Astutik, F., Purnamasari, V., & Rachmawati, Y. (2023). 231. Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Muatan Tematik Melalui Model PBL Dengan Media Audiovisual Kelas VC SDN Sendangmulyo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2059–2068. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4278

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)