231. Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Muatan Tematik Melalui Model PBL Dengan Media Audiovisual Kelas VC SDN Sendangmulyo 02
Keywords:
Problem Based Learning, Media audiovisualAbstract
Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas V C SDN Sendangmulyo 02 adalah faktor utama yang mendorong dilakukannya penelitian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning dengan media audiovisual. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan model pembelajaran dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model Problem Based Learning dengan media audiovisual. Hasil penelitian dengan model Problem Based Learning dengan media audiovisual menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus diketahui bahwa skor rata-rata peserta didik 2,002 dengan prosentase 50,05%. Kemudian Pada siklus I, skor rata-rata meningkat lagi menjadi 2,41 dengan prosentase meningkat menjadi 60,35%. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat lagi menjadi 3,2 dan prosentase menjadi 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada tema benda-benda di sekitar kita.