Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Menceritakan Kembali Isi Dongeng Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas IIII Sekolah Dasar
Keywords:
Keterampilan Berbicara, Dongeng, Media PuzzleAbstract
Dalam proses pembelajaran dikehendaki yang namanya keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara. Dengan adanya keterampilan berbicara siswa dapat memaparkan gagasan yang ingin disampaikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi keterampilan berbicara siswa adalah dengan memilih media pembelajaran. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media puzzle yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dalam menceritakan kembali isi dongeng dengan menggunakan media puzzle pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Sambirejo 02 Semarang yang berjumlah 26 Siswa. Teknik analisis data, peneliti menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil tes kemampuan berbicara siswa pada siklus I sebesar 73,07%, siklus II sebesar 92,31% siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menceritakan kembali isi dongeng pada siswa kelas III Sekolah Dasar.
References
Arbaidah, A. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA TEMA PRAJA MUDA KARANA KELAS III UPT. SD NEGERI 20 BARINGIN. Ensiklopedia of Journal, 3(4).
Arfianty, D., Astawa, I. M. S., & Astini, B. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri. Journal of Classroom Action Research, 5(1).
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4).
Hayati, I. A., & Yamin, Y. (2023). Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cerita Dongeng Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2).
Meishaparina, R., & Heryanto, D. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas II SDN 013 Pasir Kaliki. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2).
Mu’min, N. (2020). Kajian Psikologi Sastra Berorientasi Nilai Karakter Tentang Karakterisasi Tokoh dalam Buku Dongeng Pembangun Karakter Anak Karya Rucita Arkana dan Kesesuaiannya dengan Tuntutan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Wistara, III(1).
Nurjanah, S., & Nugraheni, A. S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Isi Pesan Dongeng Melalui Strategi Know Want To Know Learned (KWL) pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1).
Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(01).
Rahma, T., Kuryanto, M. S., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2).
Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1).
Syadili, A. H. A., & Muslihasari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle 3D Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4).
Widyaningrum, H. K (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 89. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129.