Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Materi Pidato Persuasif Melalui Media Audio Visual di Kelas IX E SMPN 6 Semarang
Keywords:
audio visual, media pembelajaran, pidato persuasif, keterampilan berbicaraAbstract
Penelitian ini berisikan upaya meningkatkan keterampilan berbicara melalui praktik berpidato dengan memanfaatkan media audio visual di kelas IX E SMPN 6 Semarang. Penelitian ini akan mengukur efektivitas media audio visual dalam meningkatkan kemampuan berbicara serta dampaknya terhadap perkembangan akademik dan keterampilan berbicara peserta didik. Prosedur penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data berupa peserta didik kelas IX E SMPN 6 Semarang yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis ini dilakukan dengan menghitung presentase ketuntasan belajar praktik berpidato peserta didik dan tingkat keberhasilan pada penilaian praktik berpidato dengan lima aspek penilaian berupa keselarasan isi, penguasaan materi, pelafalan, penampilan, dan kreatifitas. Hasil Penelitian Tindakan Kelas menunjukkan media pembelajaran audio visual berhasil memberikan peningkatan keterampilan berbicara melalui praktik berpidato. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II menunjukkan presentase 100% dan tingkat keberhasilan pada aspek penilaian praktik berpidato pada hasil akhir di siklus II menunjukkan kategori tinggi dengan skor rata rata sejumlah 4,00.