The Influence of Picture Media to Improve Students’ Speaking Skills

Authors

  • Isna Rizqi Kartika Fahmi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

media gambar, keterampilan berbicara, peningkatan

Abstract

Keterampilan berbicara menjadi hal yang penting sebagai tujuan dari pembelajaran, yaitu keterampilan untuk berkomunikasi. Akan tetapi, keterampilan berbicara seringkali menjadi keterampilan yang susah untuk dikuasai oleh peserta didik sehingga diperlukan adanya inovasi pembelajaran yang dapat merangsang keterampilan berbicara peserta didik. Gambar merupakan salah satu instrumen yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam berbicara. Penggunaan gambar dirasa dapat digunakan sebagai ilustrasi yang dapat merangsang dan memandu peserta didik dalam berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas VIII E di SMP N 6 Semarang pada topik “Daily Routine” pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru yang dilaksanakan dengan dua siklus pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktik berbicara peserta didik meningkat dari jumlah ketuntasan prasiklus sebesar 47% menjadi sebesar 59% peserta didik yang mencapai ketuntatasan di siklus 1 dilanjutkan dengan sebesar 82% peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran di siklus 2. Peningkatan yang signifikan di setiap siklusnya menunjukkan bahwa media gambar dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Kartika Fahmi, I. R. . (2023). The Influence of Picture Media to Improve Students’ Speaking Skills. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 304–310. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4808

Issue

Section

Prosiding 2023