222. Penerapan Problem Based Learning Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik Kelas III SDN Bango 1

Authors

  • Khadhirotul Jannah Universitas PGRI Semarang
  • Nina Rukmana SDN Bango 1
  • Debora Sindi Pratiwi SDN Bango 1
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

problem based learning, media gambar, hasil belajar, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PBL berbantu media gambar untuk meningkatan hasil belajar PPKn peserta didik kelas III SDN Bango 1. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Kegiatan yang dilakukan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar peserta didik, peneliti melakukan observasi dan melakukan tes evaluasi setiap akhir siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn berbantu media gambar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik dari nilai rata-rata. Perolehan data awal nilai rata-rata peserta didik sebesar 64,09. Pada akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,27 sedangkan pada akhir siklus II diperoleh rata-rata nilai 81,81. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran PPKn kelas III di SDN Bango 1.

Author Biography

Nina Rukmana, SDN Bango 1

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PBL berbantu media gambar untuk meningkatan hasil belajar PPKn peserta didik kelas III SDN Bango 1. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Kegiatan yang dilakukan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar peserta didik, peneliti melakukan observasi dan melakukan tes evaluasi setiap akhir siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn berbantu media gambar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik dari nilai rata-rata. Perolehan data awal nilai rata-rata peserta didik sebesar 64,09. Pada akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,27 sedangkan pada akhir siklus II diperoleh rata-rata nilai 81,81. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran PPKn kelas III di SDN Bango 1.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Jannah, K., Rukmana, N., Pratiwi, D. S., & Setyawati, R. D. (2023). 222. Penerapan Problem Based Learning Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Peserta Didik Kelas III SDN Bango 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1986–1992. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4251

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)