Penggunaan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Menyampaikan Berita

Authors

  • Hadi Anggoro Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Aplikasi Capcut, Berbicara, Berita

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan berlatar belakang hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Semarang yang tergolong cukup rendah dikarenakan penggunaan media maupun metode yang digunakan oleh guru kurang menarik sehingga kegiatan pembelajaran menjadi bosan dan sifatnya pasif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara dalam menyampaikan berita kelas XI TE 3 SMK Negeri 4 Semarang dengan penerapan Aplikasi Capcut untuk membuat sebuah tayangan video dalam menyampaikan berita. Penelitian Tindakan Kelas ini mempunyai dua siklus, perolehan hasil pada siklus I menunjukan persentase aktifitas siswa sebanyak 67%, hasil belajar siswa sebanyak 75% sudah tuntas, dan keterampilan berbicara dengan persentase 79%. Sedangkan pada siklus II menunjukan peningkatan dengan perolehan persentase aktivitas siswa 86%, hasil belajar siswa 88%, dan keterampilan berbicara 86%. Hasil tersebut menunjukan bahwa penerapan Capcut untuk membuat sebuah tayangan video dalam menyampaikan berita dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melatih keterampilan berbicara menyampaikan berita. Selama proses penelitian terjadi hambatan diantaranya adalah sistem kurikulum sekolah yang menggunakan sistem blok dan pembelajaran menjadi padat.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Anggoro, H. . (2023). Penggunaan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Menyampaikan Berita. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 84–89. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4763

Issue

Section

Prosiding 2023