PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK N H MOENADI

Penelitian Tindakan Kelas di SMK N H Moenadi Ungaran

Authors

  • Dwi Utami Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Teguh SMK N H Moenadi Ungaran
  • Budi SMK N H Moenadi Ungaran
  • Cicik Universitas PGRI Semarang

Keywords:

project based learning, underhand passing, Volleyball

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan passing atas dalam permainan bola voli pada siswa kelas X di SMK N H Moenadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test, melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan PjBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan passing atas sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata pretest dari 36 anak yaitu 10.39 sedangkan untuk rata-rata post test sebanyak 17.72 hal ini menunjukkan  adanya peningkatan ketika pretest dan postest Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan Passing Atas siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PjBL dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penerapan PjBL tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa tetapi juga mendorong kolaborasi dan pemecahan masalah di antara mereka. Dengan demikian, model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan passing atas siswa dalam permainan bola voli, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan.

References

Alfatihah, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Solving Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Journal Respecs, 1(1), 28. https://doi.org/10.31949/jr.v1i1.1070

Anggraeni, Lutfi Amri, M. F., Ikhsan, H., Isnanto, J., & Ilham, A. (2022). Jambura Arena of Physical Education and Sports. Jambura Arena of Physical Education and Sports, 1(April), 33–39. https://doi.org/10.37905/japes.v3i1.25001

Baitul Afdi, R., Asmi, A., & Sain Olahraga dan Pendidikan Jasmani, J. (11 C.E.). Sport Science: Pengaruh Model Latihan Passing Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dan Passing Atas Pemain Bolavoli. Wonosobo, 123(123), tidak tau-tdak tau. http://sportscience.ppj.unp.ac.id/index.php/jss/index

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2022). Pembelajaran PBL Kolaborasi PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Mata Kuliah Pragmatik. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 21–27. https://doi.org/10.26877/mpp.v16i1.12050

El Bakkali, A. (2020). Using Project-Based Learning to Develop Social and Political Practices as Life-Long Learning Skills. International Journal of Language and Literary Studies, 2(4), 138–150. https://doi.org/10.36892/ijlls.v2i4.438

I Gusti Made, S., I Putu, P. A., & I Gede, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Permainan Bola Besar (Sepak Bola-Teknik Dasar Passing). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 546–553. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52232

Lahinda, J., Markus Fenanlampir, & Pulung Riyanto. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Pada Peserta Didik Smp. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 291–305. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.695

Lubis, A. E., Agus, M., Olahraga, S. T., Bina, K., Medan, G., Alumunium, J., & No, R. (2017). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP I mproving the learning results of high pass on volleyball through learning variance among junior high school students. Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Variasi Pembelajaran Siswa SMP, 13(2), 58–64.

Nugraha, U., & Yuliawan, E. (2021). Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan audio visual. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 231–242. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15871

Nulhadi, A., Ashari, L. H., Herlina, H., & Burhan, Z. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan 3 on 3 Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 497–506. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1262

Putri, N. W. S., Astra, I. K. B., Agustini, K., & ... (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu …, 12(1), 22–29. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/72713

Raaiyatini, M. A., & Arifin, S. (2023). Penerapan model PjBL dalam pembelajaran pasing bawah bola voli Implementation of The PjBL model in volleyball learning mengajar dalam PJOK . Setiap guru PJOK harus berkompetensi dan diharapkan khususnya pada tingkat satuan pendidikan menengah atas . Perma. 22(4), 62–68.

Rahmadi, E. (2024). MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Model project based learning ( pjbl ) melalui aktivitas kebugaran jasmani peserta didik dalam pjok Project based learning ( pjbl ) model through physical fitness activities of students in pjok Universi. 23(4), 90–98.

Septi Sistiasih, V., & Reza Pradana, S. (2022). Penerapan Metode Lempar Tangkap Bola Untuk Meningkatkan Hasil Passing Atas Bola Voli. Jurnal Porkes, 5(2), 571–580. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.7079

Utami, D. R. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK N H MOENADI Dwi. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 15(1), 37–48.

Wahyuningrum, S. R., Putri, A. P., & Jamaluddin, M. (2021). Pre-Experimental Design Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa di SMK Kesehatan Nusantara. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 18(1), 14–28. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.4242

Widodo, P., Hasan, A., & Priyanto, A. A. (2025). Pengaruh Latihan Passing ke Dinding terhadap Kemampuan Passing Atas Bola Voli pada Ekstrakurikuler MTs Negeri 4 Kebumen Tahun Ajaran. 03(03), 300–307.

Widodo, P., & Subekti, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas pada Permainan Bola Voli melalui Variasi Pembelajaran Siswa SMP PGRI 1 Klirong. Jurnal Syntax Admiration, 5(4), 1204–1209. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i4.1100

Yusfi, H., Bayu, W. I., & Nanda, F. A. (2025). Socialization and Mentoring of Project-Based Learning Model for PJOK Teachers in Palembang City. 1, 277–282.

Yuskhil, M. (2017). Pengembangan Model Latihan Passing Atas. Jurnal Pendidikan, 1(stage I), 1–6.

Zhang, L., Li, S., & Zhao, Q. (2021). A review of research on adakites. International Geology Review, 63(1), 47–64. https://doi.org/10.1080/00206814.2019.1702592

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Utami, D., Setiyawan, S., Santoso, T., Prasojo, B., & Theresia, C. S. B. (2025). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMK N H MOENADI: Penelitian Tindakan Kelas di SMK N H Moenadi Ungaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020224. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6964

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.