Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui PBL-CRT Berbantuan Google Sites
Keywords:
Pemecahan Masalah, PBL-CRT, Google SitesAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika
kelas XI pada materi komposisi fungsi melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan
google sites. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 di salah satu sekolah negeri di Semarang. Penelitian ini
dilakukan pada semester ganjil tahun 2023/2024. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran PBL
dengan pendekatan CRT berbantuan google sites. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan pemecahan masalah, lembar
observasi guru, lembar observasi siswa dan soal tes (essay). indikator keberhasilan dalam penelitian ini
adalah meningkatnya ketuntasan prestasi belajar peserta didik dan meningkatnya kemampuan
pemecahan masalah matematika. Pada ketuntasan prestasi belajar siswa pada pra siklus mencapai 47%,
siklus 1 terdapat peningkatan mencapai 61% dan siklus 2 mencapai 77%. Pada kemampuan pemecahan
masalah meningkat berdasarkan indikator memahami masalah meningkat sebesar 21%, menentukan
penyelesaian meningkat sebesar 21%, melaksanakan rencana meningkat sebesar 20%, dan pada tahap
memeriksa kembali meningkat sebesar 25%.
References
Ahmil Rizki, R., Sudihartinih, E.,
Prabawanto, S., & Pgri, S. (2023).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Smp Pada Materi
Persegi Panjang Berdasarkan
Kelompok Gaya Kognitif Field
independent. Differential: Journal
on Mathematics Education (Vol. 1,
issue 1).
Azizah., Roza, Y., & Riau, U. (2019).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Pada Materi
Peluang Berdasarkan Self-Regulated
Learning (S-Rl). JRPM, 4(1), 23–31.
https://doi.org/10.15642/jrpm.20i9.
-31
Gay, G. (2018). Culturally responsive
teaching: Theory, research, and
practice. teachers college press.
Kusumaningtyas, S.I. (2022). Penggunaan
Google Sites Dan Video
Pembelajaran Selama Pandemi
Covid-19 Pada Materi Dimensi
Tiga. SCIENCE: Jurnal inovasi
Pendidikan Matematika Dan
iPA, 2(1), 1-9
Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y.
(2019). Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa pada
Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
NUMERICAL: Jurnal Matematika
Dan Pendidikan Matematika, 63–
https://doi.org/10.25217/numerical.
v3i1.477
Maryono, M., Sinulingga, K., Nasution, D.,
& Sirait, R. (2021). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Fisika
Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui
Pendekatan Culturally Responsive
Teaching. Jurnal Pendidikan
Fisika, 10(1), 13-24.
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah.
(2020). Pembelajaran berbasis
masalah dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah
matematika. JELMaR : Journal of
Education and Learning
Mathematics Research, 1(1), 65-
Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020).
Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning (Pbl)
Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Mahasiswa. AKSiOMA:
Jurnal Program Studi Pendidikan
Matematika, 9(4), 1076.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.
Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R.
D. (2020). Efektivitas Model
Pembelajaran Problem-Based
Learning dan Think Pair Share
Berbantuan Geogebra Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika. Journal of Medives :
Journal of Mathematics Education
iKiP Veteran Semarang, 4(1), 1.
https://doi.org/10.31331/medivesvet
eran.v4ii.930
Tikasari Qomariyah, N., Farid Nasrulloh,
M., Lilawati, E., Wahab Hasbullah
Tambakberas Jombang, A., Studi
Pendidikan Matematika, P., ilmu
Pendidikan, F., & Abdul Wahab
Hasbullah Tambakberas Jombang,
U. K. (2020). Penerapan Model
Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
Pada Materi Sistem Persamaan
Linier Tiga Variabel Bagi Siswa Kelas
X Mia Ma-Nizhamiyah Ploso.
Triana Safitri, S., Darminto, B. P., &
Purwaningsih, W. i. (2023).
Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Berbasis Web Berbantu
Geogebra untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Siswa SMP.
Turhusna, D., & Solatun, S. (2020).
Perbedaan individu Dalam Proses
Pembelajaran. Jurnal Pendidikan
islam Anak Usia Dini (Vol. 2, issue 1).
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.p
hp/assabiqun
Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021).
Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
Melalui Model Problem Based
Learning dengan Menggunakan Soal-
soal Berbasis Budaya Lokal. in Jurnal
ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains
(Vol. 9, issue 01).
Zainal, N. F. (2022). Problem Based
Learning pada Pembelajaran
Matematika di Sekolah Dasar/
Madrasah ibtidaiyah. Jurnal
Basicedu, 6(3), 3584–3593.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i3.2650