MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPTIMALISASI KERJA KELOMPOK PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Arif Setio Budi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Minat Belajar, PBL

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah dapat dipantau dari hasil belajar yang telah dicapai siswa. Tinggi
rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah minat belajar
peserta didik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis penerapan metode kerja
kelompok pada PBL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI D2 SMA Negeri
11 Semarang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap
yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act and observe), serta refleksi (reflect).
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket, serta tes untuk mengukur hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata – rata skor angket minat belajar
matematika dari 58,92 (minat rendah) pada siklus I menjadi 77,31 (minat tinggi) pada siklus II, serta
rata – rata indikator angket dari 57,29% kategori cukup baik pada siklus I menjadi 76,64% kategori baik
pada siklus II dan peningkatan hasil belajar dimana rata-rata pada siklus I dari 83,03 dengan 13 peserta
didik memperoleh nilai di bawah KKM dengan tingkat ketuntasan 63,89%, pada siklus II mengalami
kenaikan rata-rata nilai menjadi 86,44 dengan 6 anak yang masih di bawah KKM dengan tingkat
ketuntasan 83,33%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa optimalisasi metode
kerja kelompok dalam PBL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

References

Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015).

Pemahaman Siswa Terhadap

Pemanfaatan Media Pembelajaran

Berbasis Livewire Pada Mata

Pelajaran Teknik Listrik Kelas X

Jurusan Audio Video Di SMK

Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika

Journal, 4(1), 38–49.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT Bumi

Aksara

Crowley, B. M. (2015) The effects of

problem-based learning on

mathematics achievement of

elementary students across time.

Masters Theses & Specialist

Projects.Paper1446.http://digitalco

mmons.wk u.edu/ theses/1446

Dwiyanti, W. & Nasrullah, A. (2018).

Implementasi model Pembelajaran

Berbasis Masalah dalam

perkuliahan matematika ekonomi

terhadap pemahaman mahasiswa.

JPPM: Jurnal Penelitian dan

Pembelajaran Matematika. 12(2)

-178.

Irfana, Saidatul. (2022). Efektifitas Model

Pembelajaran Project Based

Learning (PjBL) dalam

Meningkatkan Minat dan Hasil

Belajar Siswa di Sekolah Dasar.

Journal of Professional

Elementary Education (JPEE) Vol1

No. 1

Lestari, dan Mokhammad. (2017).

Penelitian Pendidikan

Matematika. Bandung: Refika

Aditama

Machali M. (2022). Bagaimana Melakukan

Penelitian Tindakan Kelas Bagi

Guru?. IJAR: Indonesian Journal

of Action Research. Vol 1(2). Hal:

-21

Nabillah, Tasya. (2019). Faktor Penyebab

Rendahnya Hasil Belajar Siswa.

Prosiding Seminar Nasional

Sesiomadika.

Noer, S. H. & Gunowibowo, P. (2018).

Efektivitas problem based learning

ditinjau dari kemampuan berpikir

kritis dan representasi matematis.

JPPM: Jurnal Penelitian dan

Pembelajaran Matematika. 11(2),

- 32.

Nur, Muhammad. (2018). Sikap

Keragaman Peserta Didik Terhadap

Lingkungan Sekolah. Jurnal Al-

Ibrah, Vol 7 No 2

Putri, D. T., & Isnani, G. (2015). Pengaruh

minat dan motivasi terhadap hasil

belajar pada mata pelajaran

pengantar administrasi

perkantoran . Jurnal Pendidikan

Bisnis dan Manajemen, Vol. 1(2),

-124.

Risfalidah, Rosidin, U. & Sutiarso, S.

(2019). Pengembangan LKPD

berbasis problem based learning

ditinjau dari disposisi dan

kemampuan komunikasi

matematis. JPPM: Jurnal

Penelitian dan Pembelajaran

Matematika. 2(2). 273-283

Rochani, S. (2015). Keefektifan

pembelajaran matematika berbasis

masalah dan penemuan terbimbing

ditinjau dari hasil belajar kognitif

kemampuan berpikir kreatif.

Jurnal Riset Pendidikan

Matematika. 3(2), 273-283

Ruseffendi, E. T. 1992. Pendidikan

Matematika 3. Jakarta : Proyek

Pembinaan Tenaga Pendidikan

Depdikbud

Sadi’yah C. dkk. (2015). Keefektifan Model

Problem Based Learning (PBL)

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas

V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu

Pendidikan dan Pengajaran. 2(1),

-21

Santosa, Herlinda. (2022). Efektivitas

Penggunaan Model Project Based

Learning dengan Media Powerpoint

Interaktif Terintegrasi iSpiring

terhadap Materi Sistem Tata Surya

Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta

didik Kelas VI SD Negeri Kesongo

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Vol 5 No. 12

Septiani, dkk. (2020). Analisis Minat

Belajar Siswa Menggunakan Model

PBL dengan Pendekatan STEM

pada Materi Vektor Di Kelas X

MIPA 3 Sman 2 Jember. Jurnal

Pembelajaran Fisika vol 9 No. 2

Suardi, Moh. (2018). Belajar dan

Pembelajaran. Yogyakarta: CV

Budi Utama.

Sumenda. (2010). Pengantar filsafat

matematika. Surakarta: UNS

Press.

Surur, M & Urfi, R.N.U. (2017). Penerapan

model problem based learning

menggunakan index card macht

untuk meningkatkan aktivitas dan

hasil belajar siswa kelas X. Jurnal

Edutama. 4(2), 11

-18.

Utami, P.R., Noer, S.H. & Sutiarso, Sugeng.

(2019). Pengembangan Lembar

Kerja Peserta Didik dengan

pembelajaran berbasis masalah

ditinjau dari kemampuan

komunikasi dan self efficacy. JPPM:

Jurnal Penelitian dan

Pembelajaran Matematika.12(2)

-316.

Wahyuni, S., Hasdin, & Nurvita. (2018).

Penerapan Metode Kerja Kelompok

untuk Meningkatkan Hasil Belajar

IPS pada Siswa Kelas III di SDN 15

Biau. Jurnal Kreatif Tadulako

Online,

(3), 1

–14.

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/inde

x.php/JKTO/article/download/3847

/9488

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Budi, A. S. (2023). MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPTIMALISASI KERJA KELOMPOK PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1277–1286. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5260

Issue

Section

Prosiding 2023