MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPTIMALISASI KERJA KELOMPOK PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Keywords:
Hasil Belajar, Minat Belajar, PBLAbstract
Keberhasilan pendidikan di sekolah dapat dipantau dari hasil belajar yang telah dicapai siswa. Tinggi
rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah minat belajar
peserta didik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis penerapan metode kerja
kelompok pada PBL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI D2 SMA Negeri
11 Semarang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga tahap
yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan dan pengamatan (act and observe), serta refleksi (reflect).
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket, serta tes untuk mengukur hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata – rata skor angket minat belajar
matematika dari 58,92 (minat rendah) pada siklus I menjadi 77,31 (minat tinggi) pada siklus II, serta
rata – rata indikator angket dari 57,29% kategori cukup baik pada siklus I menjadi 76,64% kategori baik
pada siklus II dan peningkatan hasil belajar dimana rata-rata pada siklus I dari 83,03 dengan 13 peserta
didik memperoleh nilai di bawah KKM dengan tingkat ketuntasan 63,89%, pada siklus II mengalami
kenaikan rata-rata nilai menjadi 86,44 dengan 6 anak yang masih di bawah KKM dengan tingkat
ketuntasan 83,33%. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa optimalisasi metode
kerja kelompok dalam PBL dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015).
Pemahaman Siswa Terhadap
Pemanfaatan Media Pembelajaran
Berbasis Livewire Pada Mata
Pelajaran Teknik Listrik Kelas X
Jurusan Audio Video Di SMK
Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika
Journal, 4(1), 38–49.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara
Crowley, B. M. (2015) The effects of
problem-based learning on
mathematics achievement of
elementary students across time.
Masters Theses & Specialist
Projects.Paper1446.http://digitalco
mmons.wk u.edu/ theses/1446
Dwiyanti, W. & Nasrullah, A. (2018).
Implementasi model Pembelajaran
Berbasis Masalah dalam
perkuliahan matematika ekonomi
terhadap pemahaman mahasiswa.
JPPM: Jurnal Penelitian dan
Pembelajaran Matematika. 12(2)
-178.
Irfana, Saidatul. (2022). Efektifitas Model
Pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) dalam
Meningkatkan Minat dan Hasil
Belajar Siswa di Sekolah Dasar.
Journal of Professional
Elementary Education (JPEE) Vol1
No. 1
Lestari, dan Mokhammad. (2017).
Penelitian Pendidikan
Matematika. Bandung: Refika
Aditama
Machali M. (2022). Bagaimana Melakukan
Penelitian Tindakan Kelas Bagi
Guru?. IJAR: Indonesian Journal
of Action Research. Vol 1(2). Hal:
-21
Nabillah, Tasya. (2019). Faktor Penyebab
Rendahnya Hasil Belajar Siswa.
Prosiding Seminar Nasional
Sesiomadika.
Noer, S. H. & Gunowibowo, P. (2018).
Efektivitas problem based learning
ditinjau dari kemampuan berpikir
kritis dan representasi matematis.
JPPM: Jurnal Penelitian dan
Pembelajaran Matematika. 11(2),
- 32.
Nur, Muhammad. (2018). Sikap
Keragaman Peserta Didik Terhadap
Lingkungan Sekolah. Jurnal Al-
Ibrah, Vol 7 No 2
Putri, D. T., & Isnani, G. (2015). Pengaruh
minat dan motivasi terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran
pengantar administrasi
perkantoran . Jurnal Pendidikan
Bisnis dan Manajemen, Vol. 1(2),
-124.
Risfalidah, Rosidin, U. & Sutiarso, S.
(2019). Pengembangan LKPD
berbasis problem based learning
ditinjau dari disposisi dan
kemampuan komunikasi
matematis. JPPM: Jurnal
Penelitian dan Pembelajaran
Matematika. 2(2). 273-283
Rochani, S. (2015). Keefektifan
pembelajaran matematika berbasis
masalah dan penemuan terbimbing
ditinjau dari hasil belajar kognitif
kemampuan berpikir kreatif.
Jurnal Riset Pendidikan
Matematika. 3(2), 273-283
Ruseffendi, E. T. 1992. Pendidikan
Matematika 3. Jakarta : Proyek
Pembinaan Tenaga Pendidikan
Depdikbud
Sadi’yah C. dkk. (2015). Keefektifan Model
Problem Based Learning (PBL)
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas
V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu
Pendidikan dan Pengajaran. 2(1),
-21
Santosa, Herlinda. (2022). Efektivitas
Penggunaan Model Project Based
Learning dengan Media Powerpoint
Interaktif Terintegrasi iSpiring
terhadap Materi Sistem Tata Surya
Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta
didik Kelas VI SD Negeri Kesongo
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Vol 5 No. 12
Septiani, dkk. (2020). Analisis Minat
Belajar Siswa Menggunakan Model
PBL dengan Pendekatan STEM
pada Materi Vektor Di Kelas X
MIPA 3 Sman 2 Jember. Jurnal
Pembelajaran Fisika vol 9 No. 2
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan
Pembelajaran. Yogyakarta: CV
Budi Utama.
Sumenda. (2010). Pengantar filsafat
matematika. Surakarta: UNS
Press.
Surur, M & Urfi, R.N.U. (2017). Penerapan
model problem based learning
menggunakan index card macht
untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas X. Jurnal
Edutama. 4(2), 11
-18.
Utami, P.R., Noer, S.H. & Sutiarso, Sugeng.
(2019). Pengembangan Lembar
Kerja Peserta Didik dengan
pembelajaran berbasis masalah
ditinjau dari kemampuan
komunikasi dan self efficacy. JPPM:
Jurnal Penelitian dan
Pembelajaran Matematika.12(2)
-316.
Wahyuni, S., Hasdin, & Nurvita. (2018).
Penerapan Metode Kerja Kelompok
untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS pada Siswa Kelas III di SDN 15
Biau. Jurnal Kreatif Tadulako
Online,
(3), 1
–14.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/inde
x.php/JKTO/article/download/3847
/9488