Penerapan Metode Pembelajaran PBL dengan Media QR Code untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 2 Semarang
Keywords:
Literasi, NKRI, QR KodeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran QR kode pada kelas XI SMK Negeri 2 Semarang dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi dalam materi NKRI pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media QR kode. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel sehingga diperoleh satu sampel kelas yang dipilih berdasarkan kelas yang digunakan untuk kegiatan PPL 2. Sampel penelitian yaitu pada kelas XI AKL 1 SMK Negeri 2 Semarang. Data penelitian diambil dari hasil belajar siswa kelas XI AKL 1 SMK Negeri 2 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media QR Kode mampu meningkatkan penguasaan keterampilan peserta didik dalam literasi digital. Hasil peningkatan yang diperoleh menunjukkan melalui rata-rata nilai mengalami peningkatan dalam setiap pelaksanaan siklus. Hasil rata-rata nilai peserta didik mengalami peningkatan bertururut-turut pada prasiklus sebesar 70, pada siklus 1 sebesar 81,5, dan pada siklus 2 sebesar 90. Selain itu, perilaku peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami perubahan yang lebih baik seperti berpikir kritis dan kreatif
References
Alpin, Yayan, dkk. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian.
Vol. 1, No. 1, hal. 66—72.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rachman dan Wijayanti. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Karakter. Semarang: Penerbit LPPM UNNES.
Kresma, Eka Nella. 2014. “Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Titik Jenuh Siswa maupun Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika”. Educatio Vitae. Volume 1 Tahun 2014, halaman 153–155.
Alpin, Yayan, dkk. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian.
Vol. 1, No. 1, hal. 66—72.
Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, dan Kamaluddin Abunawas. 2023. Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Vol. 14, No 01, hal.15—31.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, Aida. 2015. Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memanfaatkan Teknik Brainwriting Pada Peserta Didik SD/MI Kelas V. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR”. Vol II, No. 2, hal. 136—140.
Azizah, Anisatul. 2021. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran.
Jurnal Auladuna. Vol. 3, No. 1, hal. 15—22.
Fitriani, Yani, dan Ikhsan Abdul Aziz. 2019. Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SENASBASA. hal. 100—104.
Irawan, Joseph Dedy dan Emmalia Adriantantri. 2018. Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Promosi Toko. Jurnal MNEMONIC. Vol. 1, No. 2, hal. 56—61.
Kristanti, Yulita Dyah, Subiki, dan Rif’ati Dina Handayani. 2016. Model Pembelajaran Berbasi Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 5, No. 2, hal. 122—128.
Lestari, Aprilia Dwi, dkk. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis AKM Pada Materi Perbandingan Menggunakan Scan QR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. Vol. 4, No. 2, hal. 311—317.
Murniarti, Eni. 2016. Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/28-Erni-Murniarti.pdf. (diakses 18
Mei 2024).
Husna, Nurul, Mariyam, dan Nadea Mudi. 2016. Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol. 1, No. 1, hal. 39—43.
Prathivi, Rastri. 2018. Analisa Sistem QR Code Untuk Identifikasi Buku Perpustakaan. Jurnal Pengembangan Rekayasa dan Teknologi. Vol. 02, No. 02, hal. 37—40.
Sari, Meita Sekar, dan Muhammad Zefri. 2019. Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi. Vol. 21, No. 03, hal. 308—316.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Widayati, Ani. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.
VI, No.1, hal. 87—93.
Yusuf, Muhammad, dan Lukman Daris. 2018. Analisis Data Penelitian Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Shofia Rani, I. S. R., & Septiana, I. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Quick Response Code Materi Teks LHO Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 198–214. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.226
Wibawa, F. A., & Pritandhari, M. (2020). Analisisis Literasi Teknologi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Lentera Pendidikan …, 5(2), 148–161. https://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/1548%0Ahttps://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/download/1548/1002