Understanding by Design (UbD) Pada Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Keywords:
Understanding by design, lembar kerja peserta didik, kemampuan koneksi matematisAbstract
Pada saat pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 10 Semarang, peneliti memperoleh data bahwa peserta didik di SMA tersebut masih mengalami beberapa kendala dan kekurangan dalam proses belajar, memahami tujuan pembelajaran, dan mengaitkan materi dengan hal-hal lain. Penggunaan model pembelajaran yang baik akan membantu peserta didik mengoneksikan konsep baik dalam matematika maupun di bidang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui UbD dengan pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbantuan LKPD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu diagnosis masalah, perencanaan, tindakan, osbervasi, analisa data, dan refleksi. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-9 di SMAN 10 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata – rata hasil belajar siswa adalah 72,08 dan ketuntasan klasikal hanya 44,44%. Hal ini tentu sangat jauh dari kata ideal. Pada siklus II rata- rata hasil belajar kelas X-9 menjadi 80,44 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 66,67%. Meskipun meningkat namun belum mencapai target ideal, sehingga diperlukan treatment di siklus ketiga. Pada siklus III rata – rata hasil belajar menjadi 86,89 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88,89% ini sudah dikatakan tuntas dan berhasil. Dengan demikian UbD dengan pembelajaran PBL berbantuan LKPD dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran.
References
Aprilia, R. N. (2020). Kajian Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar (SD/MI) dan Menengah Pertama (SMP/MTs) di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Tahun 2020 (Implementasi dalam Pembelajaran Geografi Kelas XI pada Materi Kualitas Penduduk dan Indeks Pembangunan Manusia).
Astuti, P., Hartono, Y., Bunayati, H., & Sriwijaya, U. (2017). Pengembangan lks berbasis pendekatan pemodelan matematika untuk melatih kemampuan koneksi matematis siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 61–77.
Badjeber, R. & S. Fatimah. (2015). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1): 18-26.
Bowen, R. S. (2017). Understanding by Design. Vanderbilt University Center for Teaching. Retrieved [todaysdate] from https://cft.vanderbilt.edu/understanding-by-design/.
Gloria, R. Y., & Indriyanti, D. R. (2019). Applying formative assessment through understanding by design (UbD) in the lecture of plant physiology to improve the prospective teacher education students’ understanding. Journal of Turkish Science Education, 16(3), 350-363.
Mulyasari, E., Yuliani, Y., & Dewi, S. K. (2020). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan uUntuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 186–192. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p186-192
Niam, M. A., & Asikin, M. (2020). The Development Of Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM)-Based Mathematics Teaching Materials To Increase Mathematical Connection Ability. MaPan, 8(1), 153. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v8n1a12
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15-23.
Rahima, S., Zulkarnaen, Z., & Chrisnawati, Z. (2022). Analisis Karakteristik Peserta Didik Untuk Mencapai Pembelajaran Bermakna Kelas X-6 SMA Negeri 1 Samarinda. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, pp. 56-60).
Rosnaeni, R., Sukiman, S., Muzayanati, A., & Pratiwi, Y. (2022). Model-Model Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 467-473.
Seidel, T., Schnitzler, K., Kosel, C., Stürmer, K., & Holzberger, D. (2021). Student characteristics in the eyes of teachers: Differences between novice and expert teachers in judgment accuracy, observed behavioral cues, and gaze. Educational Psychology Review, 33, 69-89.
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by design. Ascd. Access from: https://www.edutopia.org/sites/default/files/resources/stw-normal-park-normal-understanding-by-design.pdf